2 Inti Masalah Komunikasi yang Harus ditanggulangi

Manusia adalah mahluk sosial, perlu berinteraksi untuk tumbuh berkembang. Dan untuk menjamin keberlangsungan, ia melakukan komunikasi dengan sesama.

Namun kenyataannya, tidak semua orang dapat berkomunikasi dengan baik. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar masalah komunikasi dapat segera dihentaskan.

loading...

Problem yang kerap muncul adalah gangguan internal dalam penyampaian dan penerimaan pesan, serta hambatan eksternal dalam kondisi-kondisi tertentu.

Baca juga:

Masalah Komunikasi

Untuk mengurai beberapa inti masalah komunikasi, saya awali dari gangguan yang dialami oleh pemberi dan penerima pesan.

Masalah internal

Hambatan internal komunikasi disebabkan oleh keadaan komunikan dan komunikator itu sendiri.

Proses penyampaian pesan biasa diartikan sebagai proses pemberian informasi dari komunikator (si pembicara/penulis) kepada orang lain. Orangnya disebut komunikator.

Perlu diketahui, pesan tidak hanya dalam bentuk suara atau lambang tulisan, tapi juga bisa berupa isyarat.

Saat kita bertanya kepada seseorang apakah ia sudah makan, ia menjawabnya dengan anggukan kepala. kita memahaminya sebagai isyarat “iya” (sudah makan).

Sedang penerimaan pesan yaitu proses penyerapan informasi dari komunikator yang dilakukan oleh komunikan (orang yang menerima pesan).

Tidak semua alur berjalan dengan baik, ada beberapa sebab mengapa terjadi hambatan internal, diantaranya:

Hambatan bahasa

Coba kita renungkan, tulisan ini yang saya buat ditujukan untuk para pembaca di tanah air. Saya pribadi menginginkan banyak orang dari manca negara yang turut serta membaca.  Saya ingin orang jepang turut menikmati info di sini, dan tentunya perlu menggunakan bahasa mereka. Namun apalah daya, saya tidak memahami bahasa mereka.

Meski misalnya saya menggunakan bahasa Inggris, karena memang merupakan bahasa internasional, belum tentu kebanyakan dari mereka memahaminya.

Cara terbaik adalah menggunakan bahasa jepang kepada orang jepang, bahasa francis kepada orang francis, demikian seterusnya.

Gangguan fisik

Kasus ini merupakan hambatan yang lumrah. Seorang yang vita suaranya terganggu mengalami kesulitan berbicara.

Diperlukan alat bantu agar ia leluasa mengatakan isi hatinya.

Gangguan juga terjadi pada saat komunikan/komunikator merasa sangat lapar, mules, kebelet, pusing, dll.  Konsentrasi mereka untuk mencerna pembicaraan tidak berjalan dengan baik.

Gangguan jiwa dan mental

Hambatan ini adalah yang paling sulit di tanggulangi. Sebab orang yang dihadapi mengalaimi gangguan kejiwaan.

Meski diupayakan untuk melakukan percakapan, yang ada justru ketidak singkronan antara pertanyaan dengan jawaban yang diharapkan.

Demikian juga orang yang pemalu mengalami kesulitan mengungkapkan isi hatinya. Terutama dalam masalah-masalah pribadi. Jika hal ini dibiarkan, Problem yang ia pendam akan membebani pikirannya sendiri, sehingga gelisah, sulit tidur, dan akhirnya depresi. Karenanya, diperlukan keberanian untuk membenahi mental berkomunikasi.

Masalah skill 

Tidak semua orang bisa menggunakan seluler, atau alat semacam what’sapp, sms, dan sejenisnya.

Kondisi ini biasa dialami oleh orang yang buta aksara.

Demikian juga orang yang tidak memiliki skill dalam mengolah kata-kata, pernyataannya dapat menimbulkan kesalah-fahaman.

Karenanya, diperlukan kesungguhan mempelajari penggunaan alat komunikasi, serta berlatih merangkai kalimat dengan baik.

Masalah prinsip

Suku badui di pedalaman Banten menolak menggunakan alat-alat komunikasi modern. Ini merupakan prinsip hidup mereka untuk menjaga kelestarian budaya.

Akibatnya, mereka tidak dapat melakukan kontak dengan dunia luar.

Faktor eksternal

Yaitu hambatan yang dialami oleh komunikan / komunikator yang datangnya dari luar.

Beberapa gangguan yang paling umum diantaranya adalah:

Hambatan alat

Kita tahu, semua proses penyampaian pesan pasti menggunakan alat. Tak terkecuali kata-kata dan isyarat, sebab mata, lidah, tangan, bahkan kaki merupakan bagian dari alat komunikasi.

Namun alat yang saya maksud disini adalah alat non-ragawi. Kita mengenal telepon, handphone, televisi, radio, dan lain sebagainya. Semua itu biasa kita gunakan untuk menyampaikan pesan.

Gangguan pada alat ini dapat menghambat jalannya komunikasi, seperti jaringan seluler sedang ngadat, dan kerusakan pada telepon.

Gangguan juga bisa terjadi dikarenakan ketiadaan alat komunikasi. Bagaiamana mungkin saya berbicara dengan kawan di luar daerah, sedang saya tidak memiliki alat untuk berkomunikasi dengannya.

Gangguan alam / lingkungan

Berdialog di tengah suara yang bising atau saat badai berlangsung tidak akan berjalan efektif. Hati komunikan dan komunikator menjadi riskan dan was-was.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *