Bagaimana Membuat Siswa Berbahasa Inggris Secara Aktif ??

244 views

Kampung Inggris – Pertanyaan ini cukup mudah diutarakan, namun terbilang sulit diimplementasikan. Buktinya, banyak guru di sekolah yang masih kesulitan membuat siswa berbahasa Inggris secara aktif.

Perlu diketahui, catatan ini tidak ditujukan untuk menggurui, melainkan untuk berbagi. Mudah-mudahan setiap sekolah di Indonesia suskses mendidik siswa di bidang bahasa.

Berdasarkan idialisme dan cita-cita luhur sekolah, hampir setiap pimpinan di lembaga pendidikan ini berharap agar setiap siswa memiliki pengetahuan dan skill yang bagus, salahsatunya adalah bagaimana mereka mampu secara aktif berbahasa Inggris. Tak heran jika kerap diadakan program-program khusus dalam rangka mentraining siswa berbahasa Inggris.

Faktanya, hampir setiap musim liburan, kita melihat bagaimana institusi sekolah ramai-ramai mengirimkan peserta didiknya ke Kampung Inggris. Dengan harapan, sepulang dari masa pembelajaran, skill mereka meningkat tajam, sehingga memudahkan pengajaran bahasa Inggris di sekolah.

Jika demikian, kita tentu bertanya, mengapa sekolah harus mengirim siswa ke Kampung Inggris, bukankah lembaga ini yang notabenenya formal telah memiliki kurikulum tersendiri, dan tentunya jauh berbeda dengan sistem Pare yang umumnya mengoptimalkan dana yang minim.

Lantas mengapa pendidikan sekelas bahasa Inggris masih saja menjadi momok disekolah? Guru-guru sekolah berharap siswanya mahir berbahasa Inggris, tahun demi tahun mereka mengajar, namun akhirnya siswa di masa liburan dikirim ke Kampung Inggris.

Jika melihat lokasi, tentu Kampung Inggris adalah kawasan pedesaan, yang tentunya fasilitasnya bisa dibilang minim bila kita bandingkan dengan sekolah-sekolah modern.

Dilain pihak, banyak juga pihak sekolah yang mendatangkan guru-guru dari Kampung Inggris ke sekolah mereka untuk mentraining siswa. Biasanya dilaksanakan dalam tempo waktu tertentu. Hasilnya, tidak sedikit yang merasakan perkembangan bahasa Inggris siswa yang signifikan.

siswa berbahasa inggris

Membuat siswa berbahasa Inggris

Jadi apakah yang menjadi syarat utama yang perlu sekolah penuhi? Dalam realitas, kami di Kampung Inggris sangat memperhatikan hal-hal tertentu, meski fasilitas tidak kami jadikan sebagai acuan.

Beberapa hal yang sangat diperhatikan dalam mendidik siswa di Kampung Inggris diantaranya:

  1. Menyuntik motivasi dan menumbuhkan kesadaran siswa agar tetap semangat dalam belajar bahasa Inggris
  2. Mengutamakan Konsistensi siswa dalam belajar bahasa Inggris secara berkesinambungan
  3. Menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif dan tidak membosankan
  4. Membentuk lingkungan berbahasa Inggris dengan membentuk sistem asrama bahasa yang efektif.

Karena itu, mari kita kupasa satu persatu.

Apakah guru disekolah memiliki skill untuk menumbuhkan semangat siswa belajar? Memberi semangat tentu tidak hanya dengan kata-kata yang menggebu. Banyak hal yang dapat kita lakukan, misalnya berinteraksi dengan akrab bersama siswa juga kadang menjadi bahan semangat bagi mereka.

Jika poin kesatu ini terpenuhi, apakah pembelajaran bahasa di sekolah cukup konsisten? Kita melihat, bagaimana siswa belajar dalam dua hingga tiga kali pertemuan dalam seminggu. Tentu hal ini jauh berbeda dengan sistem di Pare yang mana pertemuannya bisa lima kali atau lebih dalam sehari. Sehingga pembelajaran mereka terfokus khusus pada bahasa Inggris. dan hal ini dapat menumbuhkan kecintaan mempelajari bahasa.

Kita perlu juga melakukan introspeksi, apakah setiap guru memiliki skill mengajar bahasa Inggris yang mumpuni? Pokoknya karena si A pandai berbahasa Inggris, ia langsung diberi mandat mengajar.

Ingat, tidak semua orang yang pandai berbahasa Inggris memiliki keahlian menyampaikan dan mengajarkan bahasa yang mereka kuasai. Skill berbahasa Inggris berbeda dengan skill mengajar.

Karena itu, perlu dilakukan pelatihan teacher yang baik, dan menggali berbagai macam metode aplikatif yang bervariatif agar siswa merasa senang dan tidak bosan.

Apakah sekolah menerapkan sistem asarama? Jika demikian, tentu akan sangat mudah. Kita dapat jumpai hampir setiap lembaga kurusus di pare memiliki asrama bahasa. Hal ini adalah untuk menunjang pembelajaran bahasa 24 jam, agar peserta membiasakan diri mempraktekkan bahasa yang mereka pelajari.

Ingat, di sini memiliki asarama saja tidak cukup, kita perlu memperhatikan SISTEM ASRAMA yang mumpuni. Untuk apa memiliki bangunan yang megah namun kosong dari nilai.

Realitasnya, selepas pulang sekolah, siswa tidak berbahasa Inggris. Meski mendapat pelatihan bahasa Inggris di kelas, mereka tidak mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Proses pendidikan bahasa Inggris  semacam ini sudah barang tentu terbilang lamban.

Karenanya, kita perlu memperhatikan hal-hal di atas agar siswa berbahasa Inggris secara aktif. Demikian, semoga bermanfaat.

Kampung Inggris Program Fabelia Tips

Author: 
author
LPBI Fabulous English Academy (FABELIA) adalah lembaga pendidikan bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare. Fokus pada pelatihan speaking dalam waktu singkat, dengan mempelajari aksen American dan British sekaligus. CP: 085 790 784 751 / 085 228 792 286

Leave a reply