Tips belajar berbicara bahasa Inggris sendiri tanpa partner

Guys…….tahukah anda bagaimana belajar berbicara bahasa inggris sendiri tanpa partner ? Belajar tidak selalu di tempat kursus atau kelas, di manpun dan kapanpun dapat kita lakukan ketika ingin bisa. Belajar bahasa inggris bukan sekedar pengetahuan atau teori yang di pelajari secara umum, namun juga praktek yang harus dilakukan secara berulang-ulang.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat anda hendak belajar berbicara bahasa inggris sendiri, yaitu:

Pastikan materi yang di perlukan

Persiapkan bahan pelajaran yang di perlukan sebelum anda memulai belajar. Memilih materi yang anda sukai supaya mempermudah dan melancarkan proses pembelajaran anda. Kalau anda memilih materi sesuai yang di perlukan, maka akan membuat anda lebih termotivasi untuk belajar dengan giat.

Bahasa inggris adalah sebuah bahasa yang memiliki banyak variasi. Anda dapat memilih buku bahasa Inggris yang bisa mendobrak hasrat belajar anda. Jika membangun pendekatan yang kuat dan utuh terhadap buku-buku bahasa Inggris, maka sooner or later, you’ll make it.

Lakukan pendekatan secara rutin terhadap buku-buku bahasa Inggris, seperti buku vocab, idiom, expression dan slang. maka anda akan terbiasa atau more love bahasa Inggris.

Praktek berbicara secara konsisten

Jadikan kebiasaan anda untuk praktek berbicara dengan menggunakan kosa-kata yang dipelajari sebelumnya. Karena semakin banyak anda praktek, maka kemampuan berbicara bahasa inggris  anda akan semakain baik dan lancar. Lakukan praktek secara kontinyu, konsisten, dan kesungguhan. Jangan lupa mereview materi-materi yang dipelajari sebelumnya.

Dalam praktek, ada beberapa cara yang bisa anda kerjakan, yaitu:

  • Lakukan monolog (berbicara sendiri) dengan tema-tema tertentu
  • Bacalah buku yang anda sukai, lalu jelaskan maksudnya dalam bahasa Inggris
  • Simaklah movie, lalu ceritakan plot / alur ceritanya dalam bahasa inggris
  • Jika anda mempunyai buku-buku berisi pertanyaan, maka jawablah semua pertanyaan tersebut dalam speaking secara lantang

Berdasarkan uraian di atas, untuk mengembangkan kualitas anda dalam berbicara bahasa inggris dalam waktu singkat, diperlukan dua hal:

  1. Perkaya kosa-kata bahasa inggris, dan belajar untuk mengetahui cara menyusun kalimat dalam bahasa inggris dengan benar.
  2. Perbanyak praktek speaking anda.

Namun untuk memperbaiki speaking, minimal ada dua hal yang perlu anda lakukan, yaitu:

  1. Pelajari dan praktekkan materi grammar, hal ini agar anda dapat menyusun kalimat bahasa inggris dengan tepat
  2. Kuasai pronunciation. tujuannya agar anda dapat melafalkan kosakata bahasa Inggris dengan benar.
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *