5 Tips Mengatasi Rasa Nervous Saat Berbicara Didepan Kelas

Berikut adalah 5 Tips Mengatasi Rasa Nervous Saat Berbicara Didepan Kelas | fabelia.com – Saya yakin setiap orang pernah merasakan hal yang seperti ini sebelumnya. Karena pada fitrahnya manusia pasti dibekali oleh rasa berani, takut, senang, sedih, dan lain sebagainya. Namun, jika kita menilai dari sisi yang positif semua persaan itu mempunyai keuntungan atau kelebihan masing-masing yang pasti harus sesuai pada tempatanya. Nah, yang sering menjadi permasalahan ialah ketika kita merasakan perasaan tersebut tidak pada tempatanya atau tidak sesuai dengan keinginan kita. Misalnya: takut untuk berbuat baik, takut untuk menolong orang, berani melakukan perbuatan menyimpang, dan lain sebagainya. Itu adalah contoh salah penempatan perasaan yang kita rasakan. Sama sepertihalnya kita merasakan nevous saat ingin berbicara didepan kelas baik itu presentasi ataupun dalam forum diskusi. Sedikit berbagi mudah-mudahan tips ini bisa berguna untuk sobat semuanya yang sedang mencari tips bagaimana mengatasi rasa nevous saat berbicara didepan kelas.

Berikut adalah 5 Tips Mengatasi Rasa Nervous Saat Berbicara Didepan Kelas
5 Tips Mengatasi Rasa Nervous Saat Berbicara Didepan Kelas

Berikut 5 Tips Mengatasi Rasa Nervous

Sebenarnya banyak versi yang menyebutkan langkah-langkah untuk bisa mengatasi rasa nevous saat berbicara didepan kelas. Namun, berikut ini kami ambilkan dari versi yang paling mudah dan sangat berkhasiat sekali untuk menghilangkan rasa nervous ketika berada didepan kelas.

Read More

Artikel mernarik lainnya: Daftar Idiom Warna Dalam Bahasa Inggris

  • Cara pertama (Membaca Do’a)

Hal yang cukup mudah dilakukan ini seringkali dilupakan oleh beberapa orang, karena mungkin tergesa-gesa, banyak fikiran, dan lain sebagainya. Namun, dibalik hal itu do’a bisa menjadi self suggestion yang membantu anda untuk mendapatkan rasa ketenangan ketika kita ingin menyampaikan sesuaitu didalam kelas.  Ketika anda memanjatkan do’a pastikan diri anda benar-benar yakni atas apa yang akan dilakukan.

  • Cara kedua (Menguasai Materi)

Tidak sedikit diantara kita yang belum benar-benar menguasai materi atau apa yang akan kita sampaikan didepan kelas sehingga menyebabkan nervous ataupun masalah dalam percakapan dalam kelas. Jadi penguasaan materi atas apa yang akan kita sampaikan pasti nya sangat mempengaruhi sekali kesuksesan kita dalam presentasi atau diskusi kita.

  • Cara ketiga (Menguasai Audience/para pendengar/participant)

Beberapa tips untuk menguasai perhatian para audience atau para pendengar ialah dengancara menjaga situasi yang komunikatif antara anda dan peserta. Baik itu dengan menunjukan budy gesture, eyes contact, menjaga senyuman, dan bersifat aktif ketika didepan kelas, serta membuat ide-ide yang baru (buatlah segala sesuatu yang menarik).

  • Cara keempat (Menggerakkan Jempol Kaki)

Mungkin terllihat sedikit aneh ketika kita ingin melakukan hal ini, akan tetapi cara unique ini biasa dilakukan oleh sebagian orang untuk mengalihkan perhatian mereka dari keadaan nervous menjadi tenang. Jika anda belum pernah mencob hal yang sperti ini, monggo silahkan dicoba.

Percaya diri adalah salah satu cara yang kita miliki untuk mengatasi semua rasa nervous yang kita miliki. Namun, untuk kita yang belum memiliki rasa percaya diri perlu dibutuhkan latihan kusus secara terus menerus. Sehingga kita memiliki rasa percara diri tersebut. Selain mendapatkan percaya diri yang kuat ketika  kita melakukan latihan terus-menerus kita akan menjadi terbiasa berbicara didepan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *