Aksen Bahasa Inggris, Bagaimana Mempelajarinya?

  • Whatsapp
"aksen bahasa inggris"

Tahukah anda bahwa, dalam speaking, terdapat perbedaan aksen bahasa Inggris yang cukup banyak. Perbedaan ini depengaruhi oleh bahasa lokal dimana wilayah atau negara itu berada. Sebagaimana kita ketahui, bahasa Inggris telah menjadi bahasa komunikasi internasional.  Tentunya diucapkan oleh banyak negara. Dan tiap warganya kadang memepertahankan aksen bahasa lokal mereka sendiri. Perhatikan bagaimana perbedaan aksen yang terjadi pada orang India, Francis, Jepang, atau bahkan orang Jawa di Indonesia. Saat mereka berbicara bahasa Inggris dengan aksen lokal, kadang terdengar sedikit menggelikan.

Tidak hanya itu, perbedaan aksen bahasa Inggris juga terjadi di negara asal bahasa ini. Di Britiania Raya dan Amerika misalnya. Meski demikian, keduanya memiliki standar dialek yang dipakai secara umum. Dan standar umum dialek inilah yang sepatutnya kita pelajari.

Muat Lebih

Seperti apakah aksen bahasa Inggris?

Untuk  lebih jelasnya, perhatikan 24 jenis aksen Bahasa Inggris berikut:

[su_youtube url=”https://www.youtube.com/watch?v=dABo_DCIdpM” width=”400″ height=”300″]

Sebenarnya jumlah aksen bahasaInggris tidak hanya 24. Masih banyak lagi yang belum diungkapkan. Meski demikian, informasi dalam video tersebut sangat baik untuk pembelajaran speaking.

Bagaimana menyikapi perbedaan aksen?

Sebenarnya, perbedaan aksen bahasa Inggris tidak lah masalah. Karena hal itu terjadi secara alami. Yang terpenting adalah bagaimana kita memahami maksud pembicaraan. Meski demikian, alangkah lebih baik kita berbicara dengan pelafalan yang tepat.

Lantas bagaimana mengetahui standar pelafalan yang perlu dipelajari? Patut diketahui, kita perlu mempelajari pronunciation. Artinya belajar bagaimana melafalkan bahasa dengan baik sesuai apa yang diucapkan oleh native speaker. Meski dalam prosesnya, pelafalan kita tidak sama persis dengan mereka. Paling tidak, kita berupaya melafalkan dengan baik. Melafalkan suara vowel, konsonan, dan stressnya dengan tepat.

Bayangkan misalnya orang Indonesia belajar bahasa Inggris tanpa memperhatikan pronunciation. Misalnya mengatakan:

  1. Mountain dengan /ˈmoʊn.teɪn/
  2. River mungkin anda mengatakan /ˈraɪv.ər/
  3. Vehicle diucapkan dengan /ˈviː.haɪ.kl̩/

Untuk standar british misalnya, pelafalan tiga kosa kata di atas adalah sebagai berikut:

  1. /ˈmaʊn.tɪn/
  2. /ˈrɪv.ər/  
  3. /ˈviː.ɪ.kl̩/

Standar aksen bahasa Inggris mana yang perlu dipelajari?

Saking banyaknya jenis aksen bahasa Inggris di dunia, maka kita cukup mempelajari 2 jenis standar aksen. Yaitu British dan American. Meski kedua negara tersebut memiliki banyak aksen di dalamnya. Masing-masing punya standar umum pelafalan. Nah,, standar umum pelafalan inilah yang perlu dipelajari.

Bila anda ingin mempelajari speaking dengan standar umum pelafalan British maupun American, bergabunglah dengan kami di program ACCENT!!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *