√ Daftar Arti How Do You Do [Penggunaan, Jawaban]

Pernahkan Anda mendengar pernyataan how do you do dalam percakapan? Dan tahukah Anda apa arti how do you do dalam bahasa Indonesia? Dan bagaimana penggunaannya dalam speaking?

Perlu diketahui, pernyataan how do you terjadi dalam situasi formal, dan biasa diutarakan saat perkenalan.

Read More

Di artikel ini Anda akan mengenal lebih jauh tidak sebatas pada artinya semata, tapi juga dengan konteks penggunaan, serta jawaban yang perlu Anda utarakan saat orang mengatakan ungkapan tersebut kepada Anda.

So, simak penjabaran saya di bawah.

Arti How Do You Do

“How do you do” bukanlah sapaan seperti “Hi!” atau “How are you?” atau “What’s up?”, tetapi ucapan Anda kepada seseorang yang baru saja Anda kenal.

Ungkapan “It’s nice to meet you” “It’s a pleasure to meet you”  atau “Pleased to meet you” adalah ungkapan yang semakna dengan “how do you do”, yang artinya adalah “Senang bertemu Anda”.

Satu-satunya jawaban yang benar untuk “how do you do“ adalah ungkapan “how do you do” juga. biasanya digunakan dalam situasi saling berjabat tangan.

How do you do merupakan pernyataan sopan yang dapat Anda gunakan saat pertama kali memperkenalkan diri kepada seseorang. Dan ungkapan ini diutarakan dalam situasi formal.

Seperti pada contoh percakapan berikut:

  • Susan: Hi, I am susan. I am a manager here. (Hai, saya Susan. Saya pimpinan di sini.)
  • Tomi: Hi susan, how do you do? (Hia susan, Senang bertemu Anda.)
  • Susan: How do you do? (Senang bertemu Anda.)

Arti Lain:

Di atas Anda telah mengenal arti how do you do secara formal, dan ternyata ada pula makna lain yang tidak formal yang perlu Anda ketahui, yaitu: Situasi sulit

Dalam hal ini, how do you do adalah kata benda (Noun).

Untuk lebih jelasnya, simak contoh sederhana berikut:

  • Tomi: I made trouble with my brother, and he’s refusing to talk with me now. (Aku membuat masalah dengan saudaraku, dan sekarang di menolak untuk berbicara dengan ku.)
  • Susan: Well, that’s a how do you do, I can’t help you. (jadi, itu adalah situasi yang sulit. Aku tidak dapat membantu mu.)

Perbedaan How Do You Do dan What Do You Do

Kiranya, pembahasan how do you do sudah jelas saya uraikan di atas. Ia serti dengan “It’s nice to meet you” “It’s a pleasure to meet you”  atau “Pleased to meet you”.

Lantas bagaimana dengan arti what do you do?

Perlu diketahui, “What do you do?”  adalah cara untuk menanyakan seseorang tentang pekerjaan dia, atau tentang bagaimana dia mencari nafkah.

Artinya adalah: “Apa pekerjaan mu?”

Ungkapan ini terbilang sopan diucapkan meski pertama kali Anda bertemu seseorang, atau bahkan saat anda tidak berjumpa dengannya dalam rentang waktu yang begitu lama.

Ungkapan semakna dengan what do you do adalah seperti:

  • So what do you do for work? (Apa pekerjaan mu?)
  • What do you do for a living? (Apa pekerjaan mu?)
  • What line of work are you in? (Apa pekerjaan mu?)
  • Where do you work? (Dimana kamu bekerja?)
  • Where are you working now? (Sekarang dimana kau bekerja?)

Saya harap informasi arti how do you do ini dapat membantu Anda. Untuk informasi lebih lanjut, baca juga penjelasan saya tentang 200 contoh perkenalan dalam bahasa Inggris.

Thanks for reading.

Related posts