5 Daftar Arti Insecure dalam Bahasa Inggris yang Wajib Anda Ketahui

  • Whatsapp
cotnoh dan arti insecure bahasa inggris

Secara harfiah, arti insecure dapat kita fahami dari kata dasarnya, yaitu “secure” yang berarti mengamankan, melindungi, terjamin, percaya diri.

Sedang insecure, kata ini diawali “in” yang berarti tidak. ia adalah pola negatif dari secure. Sehingga kita dapat dengan mudah menerka apa arti insecure sebenarnya.

Read More

Arti Secure

Ada banyak arti secure. Bila kita kaji melalui kamus kamus ternama, secara umum, kita jumpai beberapa arti sebagai berikut:

1. Aman

Yakni terbebas dari ancaman dan serangan, atau tahan dari segala hal yang mengancam.

  • This place is secure. No one can break in. (Tempat ini aman, tidak seorang pun dapat mendobraknya.)

2. Mengamankan

Membuat kondisi menjadi terkendali. Baik dengan cara mengkap pengacau, mengambil alih posisi jabatan, dan lain sebagainya.

  • The troops secured the area befor the civilians were allowed to return. (Pasukan mengamankan daerah itu sebelum warga sipil diizinkan kembali.)

3. Tenang / nyaman

Terhindar dari rasa kekhawatiran, cemas, dan takut. Atau segala keperluannya terjamin.

  • He felt secure in his old job. (dia merasa nyaman dengan pekerjaan lamanya)

4. Pasti / meyakinkan

Keadaan yang membuat hati merasa yakin (tidak ragu).

  • With three goals in the first perion they had a secure victory, but somehow they lost. (Dengan tiga tujuan pada periode pertama, mereka meraih kemenangan meyakinkan, tapi entah kenapa mereka kalah)

Arti Insecure

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa makna dan contoh kalimat berikut:

1. Tidak percaya diri / meragukan kemampuan sendiri

  • I still feel insecure about my ability to do this job. (Saya masih meragukan kemampuan saya untuk melakukan pekerjaan ini.)

2. Gelisah    

  • He seems terribly insecure. (Dia tampak sangat gelisah.)

3. Tidak Aman / tidak terlindungi

  • The situation is still insecure, with many of the rebels roaming the streets. (Situasinya masih belum aman, masih banyak pemberontak berkeliaran di jalan. )
  • Nations which are not self-sufficient in energy will face an insecure future. (Negara-negara yang tidak memiliki energi sendiri akan menghadapi masa depan yang tidak aman.)

4. Tidak stabil / Rapuh

  • Their quarels indicate their insecure marriage (pertengkaran-pertengkaran mereka menunjukkan pada pernikahan mereka yang tidak stabil.)

5. Meragukan / tidak pasti

  • all unemployed men are facing an insecure future. (Semua laki-laki pengangguran menghadapi masa depan yang tidak pasti.)

Baca juga: 350 Istilah Kesehatan dalam Bahasa Inggris

Kesimpulan

Berdasarkan contoh kalimat di atas, secara garis besar ada 4 segmen insecure yang perlu kita fahami di sini, yaitu:

1. insecure in person

Yaitu orang yang sangat tidak percaya diri, dia tidak mengetahui kemampuan atau bahkan tidak menyukai bentuk fisik mereka sendiri. tidak merasa cukup, merasa menyesal terhadap keadaan dirinya.

2. insecure in relationship

Yakni selalu dihantui rasa hawatir akat putusnya hubungan, mungkin karena takut pujaan hatinya selingkuh / bertambat ke hati orang lain, atau karena ketidak-cocokan dalam menjalin hubungan.

3. insecure in conditions

Yakni keadaan yang tidak diinginkan. Orang-orang yang berada dalam kondisi ini biasanya merasa khawatir / takut jika terjadi sesuatu yang buruk.

4. Insecure in Future

Masa depan yang tidak pasti, tidak jelas. Keadaan ini menimbulkan kekhawatiran, sehingga tidak tahu apa yang harus direncanakan untuk masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *