Panduan Lengkap Belajar Bahasa Inggris dengan Film / Movie

Apa cara yang paling menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris? Jika bosan pergi ke kelas atau membaca buku, kita bisa menggunakan cara yang satu ini, yaitu belajar bahasa Inggris dengan film / movie.

Belajar bahasa asing cukup memerlukan usaha. Terutama dengan adanya perbedaan budaya, kita perlu mempelajari bahasa sesuai dengan pespektif native speaker. Tanpa ini, kita akan mengalami kesulitan memahami apa yang mereka katakan.

Salah satu hal yang sangat membantu untuk mempelajari bahasa yaitu film. Kita simak maksud pembicaraan aktor sesuai dengan situasi / keadaan mereka berbicara. Dan hal ini dapat mendorong kita memahami maksud mereka dengan baik.

Alasan Mengapa Belajar Bahasa Inggris Dengan Film?

Mungkin Anda masih bertanya, apakah belajar bahasa Inggris dengan film cukup relevan? Apakah hasilnya dapat kita rasakan dengan cepat?

Salah satu kunci belajar cepat adalah belajar dengan pola yang menyenangkan. Kita perlu menghindari tekanan dan stress dalam belajar. Menonton film termasuk cara yang sangat menyenangkan. Metode ini bisa dijadikan pendongkrak kemampuan bahasa Inggris kita.

Menonton film sudah semestinya menyenangkan, atau dengan kata lain, belajar sambil bersenang-senang. Dan yang lebih penting, Anda belajar bahasa Inggris dengan film, bukan dengan buku.

Berikut adalah tiga alasan mengapa kami sarankan Anda untuk belajar bahasa dengan cara ini.

1. Anda belajar bahasa Inggris dengan nyata … tidak melalui teks bahasa Inggris

Mempelajari bahasa melalui buku /teks tidak menjamin akselerasi penguasaan bahasa. Terlebih jika Anda ingin cepat bisa speaking. Tentu belajar melalui teks / buku tidak memiliki arti yang signifikan untuk mendorong skill berbicara.

Sebaliknya, belajar melalui film terkesan sangat alami. Anda mendengar penuturan native speaker, serta dapat menirukannya. Dan metode ini dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara lisan.

2. Anda belajar kata-kata bahasa Inggris dalam konteks

Coba Anda pilih film tentang kejahatan. Setelah menonton sepuluh atau dua puluh film, Anda akan mulai belajar kosakata yang berhubungan dengan kejahatan sesuai konteksnya.

Biasanya, ketika kita mempelajari kata-kata secara tradisional (misalnya vocab tentang sekolah), kita mempelajari daftar kosakata. Kita akan menjumpai kosakata yang memiliki arti tertentu jika dikaitkan dengan konteksnya.

Seperti kata book, biasa diartikan “buku”, namun ternyata dalam konteks tertentu, kita perlu mengartikannya dengan “memesan”.

3. Anda mendengar bagaimana mengatakan kosakata

Dalam bahasa Inggris, orang sering mengatakan bahwa 30% dari apa yang kita katakan diungkapkan melalui kata-kata. Jadi bagaimana dengan 70%?

Nah, yang 70% adalah tentang bagaimana mengatakannya. Hal-hal seperti ekspresi (senyum, mengerutkan kening) dan nada suara  (seperti ketika marah, atau sedih) dapat Anda lihat di film. Cobalah perhatikan bagaimana ekspresi wajah seorang aktor saat mengatakan “I love you”.

Mengetahui apa yang orang katakan memang penting, tapi mengetahui bagaimana mereka mengatakan jauh lebih penting. Dengan demikian, kita bisa memahami “bagaimana” nuansa bahasa Inggris yang sebenarnya.

Tidak hanya itu, kita juga dapat mendengarkan bagaimana pelafalan kosakatanya dengan baik. Kita tinggal menirukan apa yang diucapkan oleh si penutur aslinya. Mengingat bahasa Inggris memiliki penulisan dan pelafalan yang berbeda, sehingga kita perlu mempelajari pronunciation.

belajar bahasa inggris dengan film

Tips Belajar bahasa Inggris dengan Film

1. Pilih film yang menarik

Jika Anda memilih film yang membosankan, Anda akan bosan. Jika bosan, Anda akan sulit memperhatikan selama kurang lebih satu setengah jam!

Dengan demikian, menentukan film yang menarik adalah hal pokok yang perlu Anda lakukan. Tujuannya agar tetap merasa asyik dan senang saat menonton. 

2. Pilih film yang sesuai dengan tingkat bahasa Inggris Anda saat ini

Jika tingkat kemampuan bahasa Inggris Anda adalah pemula, saya sarankan Anda belajar bahasa Inggris melalui animasi. Alasan utamanya adalah karena percakapan bahasa Inggris dalam film film animasi biasanya sangat familiar dan mudah dimengerti.

Di sisi lain, jika Anda mencoba untuk menonton “Romeo dan Juliet”, Anda akan mengalami kesulitan. Sebab pilihan kata yang digunakan dalam film ini cukup kompleks.

3. Gunakan VLC Player

Maksudnya, Anda perlu menggunakan media yang cocok untuk pembelajaran. Salah satunya adalah dengan memilih VLC Player.

Media ini sangat mudah dipakai, terlebih jika Anda mem-pause saat ingin mengetahui apa yang diucapkan oleh sang aktor. Anda bisa mengulangi pembicaraan dalam film beberapa detik sebelumnya dengan menggunakan mouse, sehingga mengetahui secara pasti kosakata / ungkapan yang telah terlewatkan.

4. Ulangi frasa-frasa singkat 

Anda mungkin mendengar sesuatu yang keren di film. Sebagai contoh, beberapa ungkapan singkat, atau gaul seperti, “hell yeah!”, Atau “got ya”, atau bahkan “fuck you!” yang umum didengar di Film.

Pastikan Anda mengulangi ungkapan-ungkapan tersebut dengan nada yang lantang. Sebab hal ini sangat membantu untuk mengingat dan melafalkan bahasa yang kita pelajari dengan baik.

5. Bawa kamus Anda

Saat memilih sebuah film dengan sub judul, Anda akan menemukan kosakata yang sulit difahami. Caranya bisa dengan menghentikan pemutaran sejenak (pause), lalu manfaatkan kamus untuk mengetahui maknanya.

6. Tanpa sub judul

Artinya, bukan berarti anda harus menghilangkan sub judul (terjemah berbahasa Inggris) yang ada di layar. Jika anda baru menonton satu atau dua kali, sub judul sangat membantu memahami suara-suara sang aktor, sehingga kita bisa tahu apa yang diucapkan.

Namun jika suara tersebut sudah familiar bagi Anda, maka menghilangkan sub judul adalah cara yang tepat. Metode ini dipakai untuk menghindari ketergantungan terhadap sub judul.

One thought on “Panduan Lengkap Belajar Bahasa Inggris dengan Film / Movie

  1. Untuk yang ingin mencoba mendengarkan film berbahasa inggris dengan subtitle yang sudah tersedia bisa dengan melihat beberapa film yang sudah kami sediakan di Nonton198.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *