Cara Cepat Menemukan [Ide Pokok] Main Idea Paragraf

Cara Cepat Menemukan Main Idea Paragraf

Bagaimana cara menemukan main idea suatu paragraf dengan cepat? Lebih dari 30% soal-soal bahasa inggris adalah menentukan main idea. Terutama dalam test TOEFL dan IELTS. Kita tidak memiliki banyak waktu untuk membaca semua isi paragraf. Dan segala pertanyaan harus sesegera mungkin dijawab.

Untuk mengatasi masalah ini, tentu kita perlu mengenal teknik-teknik mengetahui ide pokok suatu bacaan. Tanpa perlu membaca kata per kata. Nah disini saya coba ulas bagaimana caranya. Semoga dapat membantu anda.

Read More

Cara Mengetahui Main Idea Paragraf

Main idea adalah poin sebuah paragraf. Berisi tentang gagasan terpenting. Untuk mengetahui mana poinnya, bertanyalah pada hati anda. Renungkan apa yang sedang dibicarakan, apakah orang, sesuatu, ataukah gagasan linnya.

Dalam membuat karya tulis. Penulis kerap meletakan gagasan utama suatu paragraf di beberapa tempat yang berbeda.

Dan cara untuk menemukannya sangatlah mudah. Itupun bagi yang sudah terbiasa.

Namun bagi yang belum, apalagi bagi yang jarang membaca, pasti mengalami sedikit kendala. Terutama saat berhadapan dengan soal-soal reading.

Baca: teknik membaca dalam bahasa Inggris

Bagi pembaca yang handal, biasanya mereka menggukan metode skimming dan scanning.

Namun di sini, cukup soroti 3 hal yang perlu anda lakukan.

Apa sajakah itu?

Siapkan konsentrasi Anda..!!

1. Baca kalimat pertama suatu paragraf.

Lihat, perhatikan, dan pahami apa maksud dari kalimat tersebut. Perlahan rasakan apakah tujuan utama dari kalimatnya.

Kalimat pertama biasanya berisi gagasan yang bersifat umum, kemudian dijelaskan oleh kalimat kalimat setelahnya.

Gagasan ini umum tersebut adalah main idea yang kita cari-cari.

“Pola paragraf ini bersifat deduktif. Yaitu berisi gagasan umum, kemudian diperjelas oleh kalimat-kalimat lainnya yang terperinci (khusus)”

Mount Bromo showed signs of increasing activity beginning in 4th Dec 2015. The amount of smoke coming out of the crater intensified. By late November Mount Bromo began to eject ashes into the air. Indonesian Volcano Monitoring Bureau (PVBMG) issued a warning that forbade people from climbing Mount Bromo.

Gunung Bromo menunjukkan tanda-tanda peningkatan aktivitas dimulai pada 4 Desember 2015, ketika jumlah asap keluar dari kawah semakin meningkat. Pada akhir November, Gunung Bromo mulai mengeluarkan abu ke udara. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)  mengeluarkan peringatan yang melarang orang untuk tidak mendaki Gunung Bromo.”

Main idea: Mount Bromo showed signs of increasing activity

Namun, jika ternyata kalimat pertama terlalu sempit, terperinci, tidak membawahi kalimat lainnya. Maka lanjutkan ke langkah ke dua.

2. Baca kalimat akhir pada paragraf

Apabila Anda belum menemukan main idea pada kalimat pertama. Bacalah kalimat akhir sebuah paragraf.

Selain di awal kalimat, biasanya paragraf yang bersifat umum, yang mencakup keseluruhan kalimat, berada di akhir paragraf.

Costs were low that year and the output high. There was a good person for each job and the market remained firm. There were no losses from fire. All in all it was the best years in the history of the company.

Di tahun itu biaya terbilang rendah dan outputnya tinggi. Pada setiap pekerjaan terdapat orang baik dan pasar tetap kokoh. Tidak ada kerugian akibat kebakaran. Semua itu adalah tahun-tahun terbaik dalam sejarah perusahaan.

Main idea: All in all it was the best years in the history of the company.

Dan apabila langkah kedua ini juga masih belum menemukan main idea, segera lakukan langkah ke tiga.

3. Membaca kalimat kedua awal suatu paragraf

Jika langkah-langkah di atas juga masih belum ketemu, maka alangkah baiknya Anda menuju kalimat kedua pada sebuah paragraf.

There are great numbers of deer around here. This whole area is great country for hunters and fishermen. There are bears, mountain lions, and coyotes. To the east there are streams full of trout, and there are ducks and geese.

Ada banyak sekali rusa di sekitar sini. Seluruh wilayah ini adalah negara yang tepat untuk pemburu dan nelayan. Ada beruang, singa gunung, dan coyote. Di sebelah timur ada sungai penuh dengan ikan trout, bebek dan angsa.

Main idea : This whole area is great country for hunters and fishermen.

Namun, apabila tetap belum menemukannya, segera untuk berlalih lagi pada langkah ke empat.

4. Membaca tengah kalimat

Kadang penulis sengaja meletekan gagasa pentingnya ditengah kalimat.

Pola paragraf ini diawalai dengan pendahuluan, kemudian main idea, dan selanjutnya diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas main idea.

Enormous energy, enthusiasm, and organization drove the reform efforts in America in the late nineteenth and early twentieth centuries, much of it a result of social crises and political movements in the United States. But the “age of reform,” as some scholars have called it, was not an American phenomenon alone. It was part of a wave of social experimentation that was occurring through much of the industrial world. “Progressivism” in other countries influenced the social movements in the United States. And American reform, in turn, had significant influence on other countries as well.

Energi, antusiasme, dan organisasi besar mendorong upaya reformasi di Amerika pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, sebagian besar akibat krisis sosial dan gerakan politik di Amerika Serikat. Tetapi “zaman reformasi,” sebagaimana disebut oleh beberapa sarjana, bukanlah fenomena Amerika saja. Ini  adalah bagian dari gelombang eksperimen sosial yang terjadi di sebagian besar dunia industri. “Progresifisme” di negara lain mempengaruhi gerakan sosial di Amerika Serikat. Dan reformasi Amerika, pada gilirannya, juga memiliki pengaruh signifikan terhadap negara-negara lain.”

Pada paragraf di atas, main idea-nya adalah: the “age of reform,” as some scholars have called it, was not an American phenomenon alone.

Terakhir, jika main idea belum ditemukan juga, maka lakukan langkah di bawah.

5. Baca keseluruhan paragraf

Dalam karya tulis, terdapat pola tulisan yang gagasannya bersifat abstrak, dan yang tidak ditorehkan langsung dalam pafagraf.

Gagasan ini bisa kita tebak dengan membaca seluruh kalimat, dan merenungkan apa ide pokoknya secara umum.

Do you wear glasses? Make sure your glasses fit well. The earpieces should be at eye level. Don’t try to adjust the earpieces yourself. Take your glasses for adjustments to the place you bought them. Keep your glasses in a case when you’re not wearing them. This will prevent scratches. Keep the lenses clean. A soft cloth is best for cleaning.

“Apakah Anda memakai kacamata? Pastikan kacamata Anda pas. Gagang kacamata harus setinggi mata. Jangan coba-coba menyesuaikan Gagang kacamatanya sendiri. Untuk penyesuaian, Bawa kacamatanya ke tempat Anda membeli. Simpan kacamata Anda di dalam kasing saat tidak dikekanakan. Hal ini untuk mencegah goresan. Jaga kebersihan lensa. Kain lembut adalah alat terbaik untuk membersihkannya.”

Semua kalimat, pada contoh paragraf di atas, memberikan penjelasan secara detail terhadap sebuah gagasan utama.

Sedang.. gagasan utamanya adalah: langkah-langkah merawat kaca mata Anda “taking care of your glasses involves many steps”.

Kasus terakhir ini sangat jarang terjadi. Sebab rata-rata main idea terletak pada awal atau akhir paragraf itu sendiri.