Cara Cepat Menemukan Main Idea Suatu Paragraf

Cara Cepat Menemukan Main Idea Suatu Paragraffabelia.com. Lebih dari 30% soal dalam bahasa inggris adalah menentukan main idea pada suatu paragraf, sering kali hal ini menjadi bahan pertanyaan yang harus ditemukan jawabannya.

Membaca atau reading adalah salah satu skill yang harus dikuasai oleh para pelajar *terkusus yang masih menempuh masa studinya baik di sekolah maupun bangku kuliah.

Namun membaca sering kali menjadi momok tersendiri untuk sobat yang tidak suka membaca terlebih ketika menemukan soal-soal bahasa Inggris.

Apalagi seiring perkembangan zaman yang kekinian, mengharuskan kita kita memahami segala macam jenis teks berbahasa inggris. Seperti yang sering muncul dalam setiap pertanyaan ataupun persoaalan yang ada yakni menentukan main idea. Berikut adalah cara cepat menemukan main idea pada suatu paragraf.

Langkah untuk mencari main idea pada suatu paragraf

Sebenarnya untuk menemukan main idea pada sebuah paragraf sangatlah mudah bagi yang sudah terbiasa. Namun bagi yang belum, apalagi bagi yang jarang membaca pasti mengalami sedikit kendala ketika menemukan jenis soal seperti ini.

Bagi pembaca yang handal biasanya mereka menggukan metode skimming dan scanning. Tapi pada postingan kali ini kami memberikan tips mudah yang pastinya bisa sobat lakukan.

Artikel terkait: Teknik-teknik membaca untuk mendongkrak performa belajar

1. Membaca kalimat pertama pada awal paragraf.

Lihat, perhatikan, dan pahamilah apa maksud dari kalimat tersebut. Perlahan rasakan apakah tujuan utama dari kalimatnya.

Kemudian apabila kalimat tersebut masih mengungkapkan hal yang umum dan memerlukan banyak penjelasan, pastinya ini bukan gagasan utama atau main idea utama paragraf, langsung segera untuk berpindah membaca akhir paragrafnya.

2. Membaca kalimat akhir pada paragraf

Seringkali kalimat awal sebuah paragraf sudah diketahui atau ditemukan main ideanya.

Mungkin sobat tidak perlu membaca keseluruhan isi paragraf tersebut,

Apabila sobat belum menemukan main idea pada kalimat tersebut mungkin sobat bisa berpindah pada kalimat ahir pada sebuah paragraf.

Dan apabila langkah kedua ini juga masih belum menemukan main idea, segera untuk berpindah ke kalimat kedua.

3. Membaca kalimat kedua awal suatu paragraf

Jika langkah-langkah di atas juga masih belum ketemu, maka alangkah baiknya sobat menuju kalimat kedua dalam sebuah paragraf.

Namun, apabila sobat belum juga menemukannya pada paragraf tersebut, segera untuk berlalih lagi pada kalimat kedua akhir dari suatu paragraf.

4. Membaca tengah paragraf

Langkah ini sangat jarang dipakai, karena biasanya pada paragraf  bacan ilmiah, tidak terdapat struktur bacaan seperti ini. Sebab rata-rata main idea terletak pada awal atau akhir sebuah paragraf itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *