Mau meningkatkan kemampuan listening? Gunakan 6 cara ini..!!

  • Whatsapp
kemampuan listening

Untuk mempertajam skill, diperlukan praktek secara terus menerus. Demikian juga jika anda ingin meningkatkan kemampuan listening, cara yang harus digunakan adalah dengan mendengarkan sebanyak-banyaknya.

Cara meningkatkan kemampuan listening

Lakukan beberapa metode praktis di bawah ini untuk meningkatkan kemampuan listening anda.

1. Mendengarkan radio

Selain untuk menambah kepekaan listening, mendengarkan radio berbahasa Inggris dapat menambah informasi terkini.

Anda bisa ikuti beberapa program radio terkemuka. Seperti BBC World Service (UK) dan Voice of America (USA). Keduanya juga memiliki program belajar bahasa Inggris.

2. Tonton program tv berbahasa Inggris

Di Indonesia, kita dapat menjumpai program televisi berbahasa Inggris. Biasanya disiarkan oleh Metro TV dalam format berita. Cobalah simak acara tersebut.

3. Simak mp3 / video di internet

Tidak dipungkiri, internet berperan penting dalam pembelajaran bahasa Inggris. Beberapa situs telah menyediakan video yang bisa dimanfaatkan, seperti Youtube, Engvid, dll.

4. Gunakan media ipod, HP dan komputer

Perkembangan teknologi terjadi sangat luar biasa. Sekarang kita bisa memanfaatkan teknologi dalam proses belajar. Caranya, masukkan program-program listening ke Ipod dan sejenisnya, lalu dengarkan dan pelajari dimanapun dan kapanpun anda suka.

5. Manfaatkan bioskop

Bosan menonton film berbahasa Inggris di komputer pribadi? Anda bisa mengajak teman-teman ke bioskop. Biasanya film yang ditayangkan sangat menarik dan fresh (belum ditayangkan di layar televisi).

6. Berbahasa Inggris dengan teman

Belajar sambil berkomunikasi dengan banyak teman ternyata sangat efektif. Disamping belajar berbicara, kita juga belajar mendengarkan pernyataan mereka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *