► 20+ Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Era Global

manfaat belajar bahasa inggris

Manfaat belajar bahasa Inggris ;- Tak kurang dari 1 miliar orang sudah berbicara dalam bahasa Inggris. Sisanya mereka mempelajari bahasa lain. Hal ini karena bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang paling penting. 

Sebagian besar organisasi dunia menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi utama, termasuk PBB, FIFA, dan lain-lain.

Read More

Disamping itu, kebanyakan transaksi bisnis internasional memakai bahasa Inggris. Terutama di abad sekarang, perdagangan bebas sudah terasa di Indonesia.

Persaingan bisnis antar bangsa di asia semakin ketat. Para pengusaha berlomba-lomba membangun jaringan seluas-luasnya. Tak heran jika bahasa Inggris menjadi sesuatu yang wajib dikuasai oleh orang-orang di perusahaan.

Baca: daftar negara berbahasa Inggris

Manfaat Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Dunia terasa lebih kecil dengan bahasa ini. Dan lambat laun kita tidak dapat menghindarinya. 

Jadi mengapa tidak belajar sekarang? Lihatlah semua keuntungan yang dapat Anda peroleh …

Bidang Pengetahuan dan Informasi

Dengan menguasai bahasa Inggris, orang dapat mengakses segala informasi pengetahuan di berbagai situs.

Tidak hanya itu, ia juga dapat berkomunikasi langsung dengan para profesional dari berbagai bangsa.

Mengingat, sistem yang dibangun didunai ini adalah sistem jaringan, sehingga manusia dapat berkomunikasi dengan mudah bersama mereka yang berada di berbagai belahan dunia.

1. Internet

Sebagian besar halaman web di Internet diformat dalam bahasa Inggris. Internet memiliki sejumlah besar informasi, beberapa di antaranya hanya dapat diakses dalam bahasa Inggris. 

Menguasai bahsa Inggris memudahkan Anda berkomunikasi dengan orang-orang dari seluruh dunia melalui chatting, email dan layanan lainnya.

2. Berita

Hampir semua berita internasional disiarkan dalam bahasa Inggris. Seperti CNN, VOA dan NBC International.

Baca: daftar situs berita berbahasa Inggris 

Situs-situs diatas jauh lebih cepat dan lebih up-to-date daripada jaringan local. Dengan menguasai bahasa ini, Anda dapat mengikuti perkembangan berita di seluruh dunia.

3. Ilmu

Sekitar 90% dari jurnal ilmiah ditulis dalam bahasa Inggris. Jika Anda ingin menjelajahi perkembangan di dunia ilmu pengetahuan, Anda perlu memahami bahasa Inggris.

Bayangkan jika Anda adalah seorang ilmuwan, dan diminta untuk mempresentasikan hasil riset di kancah internasional. Atau diminta menghadiri konferensi di seluruh dunia. Tentu bahasa Inggris adalah pilihan utama yang perlu Anda kuasai.

Bidang Karir

4. Memajukan Karir

Jika tertarik memajukan dunia bisnis, manfaat belajar bahasa Inggris dapat Anda rasakan. Sebagian besar negara melakukan bisnis dengan negara-negara berbahasa Inggris.

Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa netral untuk bisnis antara berbagai negara. Sekarang seorang insinyur di Meksiko mendapatkan dukungan teknis dari seorang ahli dari Cina. Keduanya menggunakan bahasa netral yang dipakai di dunia internasional.

Dengan bahasa Inggris Anda dapat berkomunikasi dengan teknisi dan ahli dari Amerika Serikat atau UK untuk membantu perusahaan Anda.

Perusahaan juga mengakui nilai bahasa Inggris dan membayar karyawan yang bisa berbahasa Inggris lebih tinggi. Jadi, dengan skill berbahasa Inggris, Anda bisa mendapatkan lebih banyak uang!

5. Pekerjaan masa depan

Mengetahui bahasa Inggris akan membuka pintu ke banyak pekerjaan baru, dan menarik para pekerja dari negara-negara asing di seluruh dunia, Anda akan dapat memperoleh pekerjaan di negara Anda sendiri dengan mudah. 

Resume Anda akan menjadi lebih kuat karena Anda bilingual dan memiliki pengetahuan tentang bahasa Inggris. 

Kesempatan Anda akan jauh lebih banyak ketika dapat berbicara dan membaca dalam bahasa Inggris.

Bidang Hiburan

6. Buku

Anda akan dapat membaca buku-buku yang ditulis oleh penulis terkenal di Amerika, Inggris, dan penulis handal berbahasa Inggris lainnya tanpa perlu diterjemahkan. 

Banyak novel klasik yang ditulis dalam bahasa Inggris. Membaca literatur aslinya berbeda dengan membaca hasil terjemahan. Buku-buku terjemahan adalah hasil perspektif penerjemah, bukan pengarang.

Kunjungi daftar situs download buku terbaik dan deretan situs untuk baca dan download novel.

7. Majalah

Beberapa majalah terkenal di dunia ditulis dalam bahasa Inggris, seperti Time atau bahkan Cosmopolitan.

8. Film

Belajar bahasa Inggris akan memungkinkan Anda menyaksikan film dalam bahasa asli mereka. film-film Hollywood bergengsi menggunakan bahasa Inggris. Tak heran Hollywood blockbuster terbaru selalu memenangkan piala Oscar.

9. Musik

Ketika belajar bahasa Inggris, Anda abisa memahami lagu favorit di radio. Musik-musik Amerika dan Inggris adalah yang paling populer di dunia.

Bidang Pariwisata

10. Perjalanan

Dengan menguasai bahas Inggris, berkomunikasi saat melakukan perjalanan ke negara-negara berbahasa Inggris akan terasa mudah. Seperti di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Australia. 

Anda juga dapat berkomunikasi dengan orang lain di Eropa, Asia, dan seluruh dunia, bahkan di Arab Saudi.

Bahasa Inggris dituturkan di lebih dari 100 negara, dan merupakan satu-satunya bahasa alternatif untuk berkomunikasi di luar negeri.

Anda akan terkejut berapa banyak orang di Jepang berbahasa Inggris di Spanyol, menanyakan arah ke suatu lokasi tanpa perlu mempelajari bahasa lokal mereka, serta berbicara dengan para pemandu wisata dalam bahasa Inggris.

11. Guide

Seorang guide, dalam tugas tugasnya menemani para turis asing berkunjung ketempat tempat wisata, situs bersejarah, tentu harus menggunakan bahasa yang difahami mereka.

Tidak semua pelancong manca negara mampe berbahasa Indonseia. Dan rata-rata menggunakan bahasa Inggris, meski mereka berasal dari asia.

Dan mau tidak mau, seorang tour guide harus benar-benar mampu berbahasa Inggris. Tidak pasif, melainkan harus bisa aktif berbicara dengan baik.

Bidang Ekonomi

12. Transaksi

Dunia saat ini terasa sangat dekat, segala kebutuhan negara dapat dipenuhi dengan mengimpor produk. demikian pula sebaliknya.

Dengan mengasai bahasa internasional ini, orang menjadi mudah bertransaksi dengan menggunakan bahasa yang sama. Dan bahasa Inggris telah menjadi bahasa pilihan utama.

13. Produk

Ada banyak produk yang dipasarkan secara global. Mulai dari pembersih, makanan, minuman, dan lain sebagainya. Hampir semua produk tersebut mencantumkan bahasa Inggris.

Nah, jika anda berada di luar negeri, dan membeli produk-produk negara mereka, maka akan lebih mudah membaca dan memahami produknya.

Bidang pendidikan

14. Pendidikan Tinggi

Sudah tidak asing lagi, bahsa inggris sangat dianjurkan pada bidang akademisi.

Untuk mendapatkan beasiswa, atau untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 dan S3, bahasa inggris kerap menjadi syarat penerimaan. Dan menjadikan toefl test sebagai model ujian yang wajib dihadapi oleh mereka.

15. Penelitian

Dalam skripsi atas tesis, acap kali abstraks penelitian dituangkan dalam format berbahasa Inggris.

Tentu bahasanya akan terdengar aneh, jika abstraks tersebut merupakan hasil dari olahan google translete.

Tak pelak jika hal ini terjadi, maksud para penulis akan menjadi dengan tulisan hasil terjemah.

Anda, yang mahir berbahasa Inggris, dapat membaca penelitian terdahulu, yang ditulis oleh para peneliti manca negara ternama.

Informasi-informasi yang mereka torehkan dipenelitian dapat menjadi bahan rujukan, pembanding, dan pendukung penelitian yang Anda jalani.

Tidak hanya itu, penelitian yang anda torehkan dalam bahsa Inggris dapat menjadi nilai tawar tersendiri untuk dipresentasikan di forum-forum internasional.

16. Pertukaran pelajar

Pertukaran pelajar merupakan salah satu program negara untuk meningkatkan skill, mutu, dan pengalaman warganya.

Indonesia kerap mengirim para talenta muda ke beberapa negara yang terikat kerjasama di bidang pendidikan.

Dengan menguasai bahsa Inggris, siswa yang bersangkutan tidak perlu khawartir.

17. Tenaga pengajar

Tenaga pengajar, khususnya guru bahasa Inggris harus benar-benar memahami dan menguasai materi.

Bagaimana mungkin dia menjadi manusia percontohan jika dirinya tidak mahir berbahasa inggris.

Tentu sangat aneh bila guru bahasa Inggris hanya bisa secara pasif, sedang siswanya dituntut aktif berbahasa.

Bidang blogging

18. Penulis

Sudah bukan rahasia umum lagi, blog yang ditulis dalam bahsa Inggris akan lebih berpeluang dibaca oleh banyak orang diberbagai negara.

Jika menulisa hanya dalam bahasa Indonesia, maka para pembacanya pun hanya yang mampu berbahasa ini.

Sebaliknya, Bahasa inggris difahami dan digunakan oleh lebih dari satu milyar manusia. Sehingga wajar jika potensinya jauh lebih besar.

19. Pendapatan

Jika situs memiliki banyak pemabaca, maka peluang untuk memperoleh banyak pendapatan akan jauh lebih besar.

Tidak hanya itu, pendapatan iklan yang tampil dalam situs berbahasa Inggris ternyata lebih besar dari pada bahasa indonesia.

Hal ini bisa jadi ditenggarai karena nilai dolar lebih tinggi daripada rupiah, serta pengiklan yang berbahasa inggris jauh lebih banyak daripada pengiklan di Indoesia.

Bidang Teknologi

20. Komputer

Coba anda lihat, bagaimana program-program komputer saat ini. Semua sistemnya menggunakan bahasa Inggris.

So, jika Anda mahir dalam bahasa Ini, tentu akan sangat membantu memahami dan mengoperasikan program komputer.

21. Softwere

Perlu diketahui, banyak sekali softwere yang tersedia di internet. Dan rata-rata menggunakan bahasa Inggris.

Jika Anda memahami bahasa Ini, tentu akan lebih membantu untuk mengoperasikan softwere. Meski baru pertamakali mendapatkannya, Anda tinggal melihat beberapa instruksi berbahasa Inggris yang tersedia.

Manfaat belajar bahasa Inggris ternyata luar biasa. Anda akan merasakan kepuasan tersendiri saat memahami bahasa ini. Semua buku, film, musik, dan informasi terkini dapat dicerna dengan baik, tanpa perlu bantuan seornag penerjemah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *