2 Metode Belajar Speaking yang Paling Efektif

belajar speakingKampung Inggris – Belajar speaking kini tidak perlu waktu lama, itupun kalau tahu caranya. Banyak orang menghabiskan waktu untuk belajar berbicara bahasa Inggris, namun tidak sedikit dari mereka yang kebingungan berbicara. Bahkan sampai menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk belajar. Materi Vocab, Grammar, apalagi Pronun sudah setiap hari dilalap, namun mengapa speaking mereka masih gugup dan terbata-bata. Semua materi tadi tidak menjamin anda lancar berbicara meski diimbangi dengan ketekunan belajar. Sebenarnya hal terpenting Yang harus dilakukan adalah bagaimana menerapkan metode belajar yang efektif.

Saya akui hal yang terbaik untuk memperoleh skill adalah dengan latihan secara terus menerus. Ibaratnya seperti anda pertama kali belajar bersepeda, tentu berkali-kali jatuh, atau bahkan terluka, namun itu tak menjadi masalah, anda lakukan terus menerus, hingga mampu kebut-kebutan. Menurut saya, disitulah skill anda. Nah bagaimana dengan belajar speaking, tentu tidak jauh berbeda. Awalnya cukup sulit, bicara terbata-bata, kelirunya pun super banyak, bahkan hingga anda sakit kepala. Namun bila dilakukan terus menerus, dengan sendirinya anda berbicara secara spontan dan lancar.

Ada dua tindakan yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan belajar speaking anda, yaitu melakasanakan dialog dan monolog. Keduanya masuk dalam kategori output atau praktek. Untuk memperlancar speaking dalam waktu singkat, optimalkan praktek ini senatural mungkin. Jangan lakukan penghafalan terhadapat kalimat atau paragraf, karena hal itu memperlambat pencapaian Natural Speaking anda.

Simak bagaimana peserta berbicara setelah belajar dalam satu bulan di FABELIA berikut:

[su_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=_mxTeoQjRjA” width=”200″ height=”200″ autohide=”yes” showinfo=”no” rel=”no” fs=”no” theme=”light”]Registrasi Kursus[/su_youtube_advanced]

A. Belajar Speaking dengan Monolog

Setiap kali berbicara, entahkah saat presentasi, diskusi, atau bahkan mengutarakan pendapat, semuanya tak lepas dari monolog (berbicara sendiri). Dalam prosesnya, anda berupaya mengungkapkan pesan yang ada di benak kepala, dan terkadang juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memaparkan gagasan. Pesan yang disampaikan dalam monolog terjadi satu arah, artinya pembicara mengutarakan gagasan, sedang timbal-balik pendengar tidak diperlukan. Lakukan hal-hal berikut sesering mungkin guna mempercepat speaking anda:

1. Mengulang cerita

Dalam proses belajar speaking melalui cerita, terlebih dahulu Anda baca isi ceritanya, fahami alurnya, kemudian ceritakan kembali plot-nya dengan gaya bahasa sendiri.

2. Merangkai cerita

Caranya sangat mudah, tulislah 10 hingga 20 vocab yang anda tahu, lalu rangkailah sebuah cerita dari vocab tersebut.

3. Beropini

Kaji dan telaah informasi yang didapat, kemudian ungkapkan pendapat anda mengenai informasi tersebut. Akan sangat membantu sekali bila anda menetapkan durasi waktu lamanya beropini.

4. Advice & Motivation

Latihlah diri anda untuk memberikan nasihat dan motifasi. Lakukanlah sesering mungkin meski tidak di hadapan orang lain.

5. Presentasi

Pelajari dan fahami materi yang akan anda sampaikan. Bila perlu, catat informasi penting yang diperlukan. Selanjutnya jabarkan informasi tersebut di depan halayak umum.

6. Speech

Latihlah diri anda berpidato di depan umum. Sebab hal ini dapat memperkukuh mental. Tapi ingat, jangan menghafal teks pidato yang akan disampaikan, karena hal itu dapat memperlambat pencapaian Natural Speaking anda.

B. Belajar Speaking dengan Dialog

Dialog menghadirkan dua peran sekaligus yaitu pembicara dan pendengar. Metode belajar speaking ini lebih menguntungkan, sebab anda mendapat tambahan ide dari lawan bicara anda. Berikut adalah metode dialog yang dapat anda lakukan:

 1. Conversation

Bercakap-cakap dapat menghadirkan perbincangan seputar tema-tema ringan dan mudah di utarakan. Biasanya perbedaan topik terjadi ditengah percakapan. Awalnya anda berbicara tentang hobi, akan tetapi secara tidak sadar diakhir perbincangan anda malah membicarakan pendidikan.

2. Interview

Wawancara merupakan proses komunikasi yang menggunakan question dan answer. Metode belajar speaking ini sangat cocok untuk merangsang otak anda berfikir. Dalam prosesnya, Pembicara mengungkapkan gagasannya. Pendengar menelaah pesan yang ia terima, lebih-lebih pesan tersebut di telaah dan dibandingkan dengan pengetahuan dan pendapat yang ia miliki. Hal ini dapat menjadikan komunikasi lebih dinamis dan berbobot.

3. Diskusi

Diskusi merupakan proses pertukaran informasi guna menyelesaikan problem yang dihadapi oleh pembicara dan pendengar. Agar menarik, tentukanlah tema yang paling disukai dan dikuasai oleh keduanya. Diskusi dapat berjalan dengan baik bila orang-orang yang terlibat mau saling menerima pendapat.

4. Debat

Berbeda dari diskusi, berdebat merupakan proses mempertahankan pendapat, yang tentunya bersebrangan dengan lawan bicara. Lakukan debat seefektif mungkin dengan mengontrol emosi agar Speaking anda tidak tergesa-gesa dan menggebu-gebu.

Demikian informasi metode belajar speaking yang paling efektif, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat diterapkan dengan baik.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *