Pengertian Contoh Compound Sentence (Kalimat Majemuk)

Jika pada postingan sebelumnya kita sudah mempelajari bagaimana caranya untuk membuat simple sentence. Pada postingan kami kali ini akan dibahas bagaimana maksud dan contoh kalimat Compound Sentence.

Compound sentence ialah tipe kalimat atau jenis kalimat yang mana terdiri dua atau lebih dari independent clause. Dalam kalimat ini juga sering kali dihubungkan dengan kepentingan yang seimbang.

Read More

Penggunaan Kalimat Compound Sentence (Kalimat Majemuk)

Dalam menghubungkan independent clause pada penggunaan compound sentence, perlu menggunakan:

  1. coordinate conjunction
  2. conjunctive adverb
  3. semicolon atau titik koma.

Independent clause tersebut sesungguhanya sudah bisa berdiri sendiri, meskipun hal tersebut juga di hubungkan dengan conjuction.

Menggunakan coordinate conjuction

Berikut ini kita akan mempelajari bagaimana cara untuk membuat compound sentence, yang bisa atau dapat digunakan seperti: for, and, nor, but, or, yet, so (FAN-BOYS) dan untuk tanda baca koma (,) digunakan sebelum tanda baca tersebut.

E.g

  • He didnot join our party last night, for he got fever. (Dia tidak ikut pada pesta kami semalam karena dia sakit panas.)
  • Wais and Adit wake up at 4:00 am, and they teach their members at 5:00 am. (Wais dan adit bangun jam 4 dan mereka mengajar anggota mereka jam 5.)

Note: Compound sentence tidak selalu menunjukan hubungan spesifik dan logis, kususnya pada conjuction “and”, karena hal ini disebabkan karena klausa tersebut bisa bediri sendiri.

Menggunakan conjunctive adverb

Berikut ini adalah penggunaan compound sentence yang menggunakan Adverbial Conjunction (conjuntive adverb).

Conjunctive adverb ini adalah merupakan conjunction yang mana dapat berfungsi sebagai adverb.

Conjunction tersebut diantaranya: furthermore, however, otherwise, therefore, and finally.

Oh iya, untuk tandabaca koma (,) atau semicolon (;) juga bisa digunakan membentuk conjuction berikut ini. Berikut ini ialah contoh penggunaannya dalam kalimat.

E.g.

  • Heru drinks coffee and stays up every night; therefore, his body becomes thin and weak. (Heru minum kopi dan bergadang setiap malam. Oleh karena itu tubuhnya menjadi kurus dan lemah.)

Menggunakan semi colon

Sedangkan pada penggunaan semicolon pada compound sentence bisa dilihat dari conntoh kalimat berikut ini.

E.g.

  • That’s not yours; that’s mine. (Itu bukan punyamu. Itu milikku.)

Related posts