Inti Perbedaan Hear dan Listen [Contoh Kalimat]

Pernahkan Anda berfikir saat seseorang mengutarakan apa yang ia dengar, ia menggunakan kata hear, namun dalam kesempatan lain, justru memakai kata Listen. Dari sini timbul rasa penasaran, apa sebenarnya perbedaan hear dan listen dalam bahasa Inggris?

Agar Anda mengenali perbedaan keduanya dengan baik, pastikan simak penjelasan saya di bawah secara seksama. Baca juga contoh-contoh kalimat sebagai bahan pedukung.

Read More

Perbedaan hear dan listen (to)

Ada dua kata bahasa Inggris yang berarti mendengar, yaitu hear dan listen. Keduanya seringkali membingungkan para pemula. Untuk mempermudah memahaminya, simak perbedaan hear dan listen berikut:

Hear (mendengar)

Kata hear digunakan saat kita mendengar secara sepintas, atau mendengar suatu yang terlintas di telinga.

  • Suddenly I heard a strange noise. (Tiba-tiba aku mendengar suara yang aneh.)
  • That was creepy, could you hear that? (Tadi cukup seram, apakah kamu mendengarnya?)

Listen (to) (mendengarkan)

Kita menggunakan kata listen saat sengaja memberikan perhatian untuk mendengarkan sesuatu/seseorang.

  • I heard them talking, but I didn’t listen to what they were saying. (Aku mendengar mereka berbicara, tapi tidak mendengarkan apa yang mereka katakan.)
  • I didn’t hear the phone because I was listening to the music. (Aku tidak mendengar suara telepon karena aku sedang mendengarkan musik.)

Kesimpulan

Dari penjelasan berikut contoh-contoh kalimat di atas dapat kita simpulkan, bahwa arti hear dalam bahasa Indonesia adalah mendengar/dengar, sedang listen adalah mendengarkan.

Dengan kata lain, kita gunakan “listen” saat kita memberikan perhatian khusus untuk mendengarkan apa yang orang katakan.

Contoh pelengkap:

  • Have you heard the info about that? Actually I am not sure that info was true. (Telahkah kamu mendengar kabar tentang hal itu? sebenarnya aku tidak yakin bahwa kabar tersebut itu benar.)
  • Last night I passed this way I heard something horrible, but when I tried to listen more, that was only the sound of bird. (Tadi malam aku lewat jalan ini, aku dengar sesuatu yang menyeramkan, tapi saat aku coba untuk mendengarkannya lagi, suara itu hanyalah suara burung.)
  • Honestly yesterday I told him again and again, but he wouldn’t listen. He is the real stubborn man. (Sejujurnya kemarin aku katakan kepada dia secara berulang-ulang, namun dia tidak mau dengar. Dia sungguh pria keras kepala yang sesungguhnya.)
  • Hey, everybody, listen up !! (Hei, kawan-kawan, dengarkan lah !!) – dengarkan dengan penuh perhatian.

Beberapa catatan tentang perbedaan here dan listen

Kita tidak perlu menambahkan “ing” (bentuk progressive-nya) pada kata here, sedangkan listen masih dapat ditambahkan “ing”.

  • I can hear what you say now. (I am hearing what you say now.)
  • I can listen to the music now. (I am listening to the music now.)

Kita gunakan kata Listen ketika tidak mencantumkan objek, sedangkan listen to saat objeknya disebutkan.

  • Listen!!! I can help you. (Dengarlah!! Aku dapat menolong mu.)
  • Listen to me, please!!! (Dengarkan aku, ya!!)

Itulah sekelumit informasi tentang perbedaan hear dan listen yang perlu anda ketahui. Jangan lupa tuk selalu terapkan materi ini dalam speaking anda.

Untuk menambah wawasan, simak juga informasi tentang perbedaan to dan for.

Terimakasih atas perhatiannya.

Related posts