Kiat Sukses Belajar di Kampung Inggris Pare

Sukses belajar di Kampung Inggris Pare adalah harapan semua peserta. Keberhasilan ini diraih tentu tidak dengan kemalasan, perlu perjuangan dan usaha yang gigih.

Sebagaimana kita ketahui, belajar bahasa Inggris tampaknya sudah menjadi kebutuhan. Hal ini ditandai dengan banyaknya peserta dari berbagai daerah datang ke Kampung Inggris.

Rata-rata niat utama mereka adalah menggali keahlian berbahasa Inggris, meski ada beberapa yang mempelajari bahasa lain.

Meski di awali dengan niatan yang tulus, dalam prosesnya, tentu tidak semuanya berjalan mulus. Banyak sekali rintangan, godaan, atau bahkan kesenangan yang justru memudarkan tujuan awal.

Seiring berjalannya waktu, di antara peserta, ada yang masih berpegang teguh pada pendiriannya, ada pula yang terlena.

Mereka yang dapat meraih skill berbahasa sesuai target umumnya memegang prinsip. Sebaliknya, yang tak konsisten juga tidak sedikit.

sukses belajar di kampung inggris
Peserta Fabelia Berpose Bersama di Kampung Inggris

Kiat sukses belajar di Kampung Inggris

Di artikel ini, saya jabarkan bagaimana bisa menguasai bahasa dengan cepat. Mengingat semakin lama belajar di Pare tentu akan semakin menguras kantong dan pikiran.

Atas dasar gagasan ini, di awal masa pembelajaran, saya menerapkan metode dan prinsip yang hingga kini masih terjaga.

Selain menjaga kesehatan dan ketenagan jiwa, ada sekitar 10 hal yang perlu Anda lakukan jika ingin sukses cepat dalam belajar bahasa Inggris.

1. Mantapkan tujuan

Belajar tanpa tujuan laksana kapal tanpa nahkoda. Semakin jelas arah belajar Anda, maka langkah-langkah Anda akan semakin pasti.

Jika memiliki waktu belajar yang singkat, tentukanlah skill apa yang hendak diasah. Pastikan apakah Anda lebih memilih skill speaking, ataukah writing? Sedang skill reading dan listening mungkin bisa Anda asah sendiri.

Jika sejak semula tidak menetapkan tujuan yang jelas, kemungkinan semua materi akan dipelajari. Akibatnya, kemampuan berbahasa Inggris Anda bisa setengah-setengah.

2. Tanamkan hasrat belajar

Jika tujuan belajar di Kampung Inggris sudah ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah menanamkan hasrat.

Pastikan diri Anda untuk tidak menyerah, menikmati suasana belajar dengan baik, dan konsisten dalam menjalani proses.

Ingat, cita-cita tidak mungkin dapat tercapai bila tidak diimbangi dengan kesungguhan.

Jika cita-cita Anda ingin bisa speaking misalnya dalam satu bulan, keseriusan belajar adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar.

Dalam proses belajar speaking, anda perlu pengetahuan dan praktek. Pengetahuan utama yang Anda butuhkan adalah kosakata (vocab), selebihnya lakukan praktek secaran intens.

Materi grammar dan pronunciation bisa anda pelajari untuk memperbaiki speaking.

Dalam hal ini, ingatlah bahwa Anda belajar berbahasa, bukan mempelajari bahasa.

3. Menajaga hubungan dengan guru

Banyak sekali manfaat yang Anda dapatkan saat aktif menjalin hubungan dengan guru. Anda akan merasa tidak canggung bertanya jika mengalami kesulitan. Di samping itu, guru memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih baik daripada rekan sejawat.

4. Pandai menentukan teman belajar

Tidak semua rekan memiliki prinsip yang kuat. Di Kampung Inggris, ada juga peserta yang aktifitasnya tidur dan bermain.

Pertemanan dapat mempengaruhi kinerja belajar, kecuali jika anda memiliki prinsip yang kokoh, dan tidak mudah terpengaruh oleh karakter negatif mereka.

Rekan yang baik akan selalu mendorong Anda untuk belajar dan belajar. Sehingga target bisa dicapai dalam waktu yang lebih cepat.

5. Berkomitmen pada praktek

Ingatlah bahwa Anda belajar berbahasa. Jangan terlalu fokus pada teori, sebab hal itu tidak menjamin Anda bisa mengaplikasikan bahasa.

Mempelajari teori, hemat saya, juga penting. Namun apalah artinya semua itu jika tidak diimbangi dengan praktek.

Amalkan pengetahuan bahasa yang anda pelajari.  Semakin banyak Anda melakukannya, maka akan semakin mapan.

6. Tinggal di asrama bahasa

Lingkungan dapat mempengaruhi hasil belajar kita. Tinggal di asrama berbahasa Inggris (Camp) akan membuat Anda selalu melakukan praktek.

Di samping itu, ada aturan wajib berbahasa berikut sangsinya yang harus dihormati. Saat mengalami kesulitan, Anda bisa bertanya langsung kepada instruktur yang bertanggungjawab mengayomi peserta.

Jika tigal di kost, anda akan bebas, dan tidak seorang pun yang mengawasi dan menginstruksikan belajar. Berbicara keseharian dalam bahasa lokal sudah tidak asing lagi di tempat ini.

7. Bergabunglah dalam kelompok diskusi

Saat saya belajar di Kampung Inggris, pengalaman yang paling berkesan adalah mengjaga kebersamaan dengan para peserta kursus.

Saya aktif menghadiri perkumpulan belajar, yang pesertanya belajar di beberapa lembaga yang berbeda.

Kami semua, dalam kelompok ini, saling berbagai wawasan dan pengetahuan bahasa Inggris.

Saya, yang fokus pada speaking, mendapat banyak pengetahuan grammar dari mereka yang aktif mendalami tatabahasa.

Demikian juga sebaliknya, saya membina kemampuan speaking mereka dalam forum diskusi.

8. Jangan sungkan-sungkan duduk dengan pemula

Banyak sekali tantangan yang bisa anda dapatkan jika mau bergaul dengan para pemula. Hemat saya, meraka akan melemparkan banyak pertanyaan kepada Anda.

Tanggapilah semua pertanyaan dengan positif. Pertanyaan yang sulit merupakan lahan bagi Anda untuk menambah wawasan.

Saat mereka bertanya tentang kosakakata atau tatabahasa yang Anda sendiri tidak tahu, maka lakukan pendalaman untuk mendapatkan jawaban.

9. Mengajarkan materi

Salah satu nasihat guru saya yang paling berkesan adalah “belajar yang terbaik adalah mengajar”.

Dimasa-masa awal mengajar, saya selalu mempersiapkan diri, dengan menelaah materi yang akan diajarkan dikelas. Kadang persiapan ini menghabiskan waktu lebih dari 2 jam.

Prinsip pengajaran saya adalah “pengetahuan itu di dalam hati, bukan dalam tulisan”. Saya hampir tidak pernah membawa buku saat mengajar. Sebab semua materi yang diajarkan telah dipelajari sebelumnya dengan baik.

10. Lakukan riset

Melakukan riset adalah pengalaman yang paling berharga bagi saya. Banyak sekali materi bahasa Inggris yang saya dalami melalui metode ini, khususnya pronunciation.

Saat merancang modul pembelajaran, saya menelaah berbagai sumber, baik dari buku, internet, berdiskusi dengan para pakar. Sehingga saya faham betul bahan apa saja yang perlu ditulis dan diajarkan kepada para peserta.

loading...