Tips Belajar Speaking dalam Waktu Singkat

Sudah berapa lama anda belajar bahasa Inggris? Seberapa banyak biaya yang anda keluarkan untuk pandai dalam speaking? Dan sejauh mana kemampuan anda sekarang?

Berdasarkan dari pengalaman dan penerapan sistem pembelajaran bahasa Inggris, untuk meraih kemampuan speaking dalam waktu singkat, terapkan 4 tips belajar speaking dalam waktu singkat berikut:

1. Jangan terlalu banyak mempelajari grammar

Aturan ini mungkin terdengar aneh, tapi perlu diakui, ini adalah salah satu aturan yang paling penting.

Jika Anda ingin fasih berbahasa Inggris, maka harus mencoba untuk belajar secara intens tanpa mendalami tata bahasa.

Mempelajari tatabahasa hanya akan memperlambat dan membingungkan Anda. Anda akan berpikir tentang aturan saat membuat kalimat, dan akhirnya justru akan berbicara secara tidak alami.

Ketahuilah bahwa hanya sebagian kecil dari penutur asli bahasa Inggris tahu aturan tata bahasa. Dan saya sering bertanya seputar tata bahasa kepada teman-teman, dan hanya beberapa dari mereka tahu jawaban yang benar. Namun, mereka fasih berbahasa Inggris dan dapat membaca, berbicara, mendengarkan, dan berkomunikasi secara efektif.

2. Mempelajari frase

Tips belajar Speaking ini cukup signifikan. Banyak siswa belajar kosakata dan mencoba untuk membentuk kalimat yang tepat dengan semua kosakata yang mereka kuasai. Namun, tidak sedikit dari mereka membuat kalimat yang kurang tepat, disebebakan karena tidak mempelajari frase.

Jika Anda tahu 1000 kata, Anda mungkin tidak bisa mengatakan satu kalimat yang benar. Tapi jika Anda tahu 1 frase, kemungkinan anda dapat membuat ratusan kalimat yang benar. Jika tahu 100 frase, Anda akan terkejut melihat betapa banyak kalimat yang anda katakan dengan benar. Akhirnya, ketika Anda tahu 1000 frase, Anda akan hampir pembicara bahasa Inggris dengan fasih.

Keuntungan lain dari belajar frase adalah mengetahui secara pasti arti kosakata yang dipelajari. Sebab kadang suatu kosakata memiliki arti khusus bila digandengkan dengan kosakata lain dalam kalimat.

Jangan menterjemahkan

Bila Anda ingin menyusun kalimat bahasa Inggris, janganlah menterjemahkan kata-kata berdasarkan Bahasa ibu Anda. 

Urutan kata dari masing-masing bahasa mungkin berbeda. Misalnya dalam bahasa Indonesia kita mengatakan “toko buku”, jika Anda fokus pada terjemah, dimana dalam bahasa Inggris kata toko diartikan “store” dan buku diartikan “book”, mungkin Anda akan mengatakan “store book”, padahal susunan yang tepat adalah “book store”

Demikian juga, dalam bahasa Inggris, terdapat kata-kata khusus yang artinya harus disesuaikan dengan konteks tertentu.

Contoh sederhana, dalam situasi tertentu, seorang penutur asli mengatakan “piece of cake”, jika kita belajar dengan sistem terjemah, mungkin kita mengartikannya dengan “sepotong kue”, padahal arti yang sebenarnya adalah “mudah/gampang”.

3. Membaca dan Mendengar TIDAKlah cukup, berbicaralah dari apa yang Anda baca dan Anda dengar!

Membaca, mendengar, dan berbicara adalah aspek yang paling penting dalam bahasa apapun. Hal yang sama berlaku untuk bahasa Inggris. Namun, berbicara adalah satu-satunya persyaratan untuk menjadi fasih.

Hal yang biasa bagi bayi dan anak-anak untuk pertamakali belajar adalah berbicara hingga lancar, lalu mulai membaca, kemudian menulis. Hal ini menjadi tatanan alam bagaimana proses manusia belajar bahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, kemudian menulis.

Masalah pertama

Di sekolah-sekolah konvensional, kita seringkali jumpai murid-murid diajarkan membaca terlebih dahulu, lalu menulis, kemudian mendengarkan, dan akhirnya berbicara? 

Meskipun berbeda, alasan utama adalah karena ketika belajar bahasa kedua, mereka perlu membaca materi dan memahaminya. Hal inilah yang menyebabkan mengapa mereka lambat menguasai bahasa inggris.

Masalah kedua

Di sekolah seringkali siswa terhenti pada aspek membaca dan menulis.

Target mereka umumnya adalah untuk menyelesaikan atau menjawab soal-soal dengan benar. Padahal untuk meraih kecakapan berbicara, diperlukan latihan berbicara.

Jangan berhenti di bagian membaca dan menulis saja, upayakan praktek berbicara dan mendengar semaksimal mungkin.

4. Curahkan diri Anda

Kemampuan berbicara tidak terkait dengan seberapa pintar Anda. Siapapun dapat belajar bagaimana berbicara dalam bahasa apapun. Semua orang dapat berbicara setidaknya satu bahasa. Apakah Anda cerdas, atau kekuatan otak anda lemah, Anda dapat berbicara satu bahasa.

Anda akan melihat bahwa orang-orang yang berbahasa Inggris dengan baik adalah orang-orang yang belajar di sekolah berbahasa Inggris. Mereka dapat berbicara bahasa ini bukan karena mereka pergi ke sekolah berbahasa Inggris, tetapi karena mereka memiliki lingkungan di mana mereka dapat berbahasa Inggris terus-menerus.

Anda tidak perlu pergi ke mana-mana untuk menjadi pembicara bahasa Inggris yang fasih. 

Cukup dengan menciptakan lingkungan bahasa Inggris yang kondusif, salah satunya adalah  dengan  membuat aturan bersama teman-teman Anda untuk hanya berbicara bahasa Inggris. 

Demikian juga dapat dilakukan dengan mendengarkan iPod, menonton movie, membaca majalah yang  kesemuanya berbahasa Inggris. Menenggelamkan diri dalam bahasa Inggris secara keseluruhan dapat mempercepat penguasaan anda.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *