Benarkah Lebih Sedikit Iklan Adsense Menghasilkan Lebih Banyak Pendapatan?

Lebih Sedikit Iklan Adsense Menghasilkan Lebih Banyak Pendapatan

Apakah benar Lebih Sedikit Iklan Adsense Menghasilkan Lebih Banyak Pendapatan? Kebanyakan blogger menggapnya “Ya”. Nah kali ini saya coba kupas berdasarkan pengalaman saya dalam mendongkrak penghasilan Adsense.

Saya suka menulis konten secara online, dan saya juga menyukai Google Adsense. Sebuah program yang bagus untuk membantu penerbit memperoleh pendapatan dari konten yang mereka tulis.

Karena saya menjalankan situs secara komersial (artinya saya memperoleh pendapatan yang melebihi pengeluaran), saya meluangkan waktu untuk mencoba memaksimalkan pendapatan.

Saya pribadi telah meneliti cara-cara untuk meningkatkan pendapatan Google Adsense, dan saya menemukan sebuah gagasan: Lebih Sedikit Iklan Adsense menghasilkan Lebih Banyak Pendapatan.

Benarkah… Lebih sedikit iklan Adsense per halaman dapat meningkatkan pendapatan Adsense?

Apakah lebih sedikit unit adsense yang terpasang di halaman situs dapat menghasilkan lebih banyak uang per kliknya?

Pertama, izinkan saya kembali menjelaskan teori tentang bagaimana adsense bekerja.

Pengiklan Adsense menggunakan proses “penawaran” untuk menawar penempatan iklan mereka.

Penawar tertinggi untuk frasa atau kata kunci tertentu akan mendapatkan penempatan iklan teratas, di unit iklan teratas yang pertama kali muncul di kode HTML halaman Anda.

Semakin banyak unit iklan (dan slot iklan) yang Anda miliki di halaman, maka semakin banyak penawarannya.

Jadi, secara teori… jika Anda hanya memiliki 1 unit Adsense di halaman situs Anda, maka penawarannya semakin tinggi, karena hanya ada satu slot yang diperebutkan oleh para pengiklan.

Jika ada banyak slot untuk unit Adsense Anda, kliknya mungkin dihargai sebagai berikut:

Rp. 1000

Rp. 900

Rp. 800

Rp. 700

Rp. 600

Rp. 500

Rp. 400

Rp. 300

Selebihnya … silahkan menangis jika cpc Anda kurang dari 300.

Seperti yang Anda lihat, jika seseorang mengklik unit Adsense terakhir di halaman Anda, dan mengklik iklan yang lebih rendah, hal itu akan mengakibatkan penghasilan klik yang lebih rendah.

Namun, jika mengklik iklan teratas, tentu penghasilan kliknya lebih tinggi.

Teori ini kemudian berlanjut, jika Anda hanya menggunakan 1 atau 2 unit Adsense di halaman situs, Anda akan mengurangi jumlah klik yang bayarannya (CPC) rendah.

Dengan demikian, satu iklan akan menghasilkan klik tertinggi, dan Anda akan memperoleh lebih banyak pendapatan.

Saya meneliti ini, dan saya sangat ingin melihat apakah cara ini berhasil.

Beberapa orang mengatakan metode ini berjalan dengan baik, namun sebaliknya, yang lain mengatakan bahwa metode ini tidak efektif, sebab pendapatan mereka menjadi berkurang.

Di satu forum Adsense, ada beberapa yang merekomendasikan untuk menempatkan unit iklan maksimum 3 slot, serta menggunakan format ukuran iklan yang lebih besar untuk memaksimalkan pendapatan.

Faktanya, pandangan ini masih dalam perdebatan, karena itu, sebaiknya saya coba sendiri.

Apakah Pendapatan Adsense Saya Meningkat atau Menurun dengan jumlah Unit Iklan yang Lebih Sedikit?

Saya menghabiskan beberapa jam untuk mempersiapkan eksperimen ini di semua blog/situs saya, sehingga bisa merasakan apakah eksperimen ini berhasil atau tidak.

Jadi saya menghapus semua iklan kecuali 1 kotak besar.

Saya kemudian menunggu dengan penuh semangat untuk melihat apakah itu akan mengubah pendapatan adsen.

Hari pertama memperoleh jumlah pendapatan normal (sebenarnya hanya 1/2 hari, karena paruh pertama memiliki jumlah iklan normal).

Hari kedua, terlihat penurunan pendapatan. Hari berikutnya kembali rendah. Demikian pula hari hari berikutnya.

Selisihnya sekitar 5-10 dari penghasilan rata-rata saya. Tapi masih belum mencapai jumlah penghasilan pada biasannya.

Ternyata teori ini dengan cepat terbantahkan ketika saya melihat beberapa “klik” sangat rendah yang masuk di salah satu situs saya yang lain.

Saya kemudian menyadari bahwa meskipun Adsense dan Adwords menggunakan proses penawaran, ada faktor lain yang berperan.

Saya kemudian bereksperimen lagi, namun kali ini saya mengubahnya menjadi 2 unit iklan berukuran kecil (200X200 persegi), dan menempatkannya satu di atas dan satu lagi di bawah halaman.

Ini juga tidak menghasilkan dampak yang signifikan, dan pendapatannya masih rendah.

Saya membiarkan eksperimen ini berjalan selama sekitar satu setengah minggu.  Dan ternyata biaya per kliknya masih rendah, hal ini membuat saya sadar bahwa teori “sedikit slot” tidak berhasil.

Oleh karena itu, saya kemudian menempatkan ketiga unit iklan kembali ke halaman.

Dan alhasil, dalam satu atau dua hari pendapatan saya kembali naik. Bahkan, terus menanjak dan perlahan merangkak naik hingga hari ini.

Kesimpulan: Lebih Sedikit pemasangan Iklan belum tentu menghasilkan Lebih Banyak Pendapatan Adsense

Saya memang mencoba cara ini di semua situs web yang saya kelola, untuk mendapatkan ide yang bagus tentang apakah cara tersebut berfungsi atau tidak.

Sayangnya, di setiap situs, penghasilannya turun. Saya menerima lebih sedikit klik, dan lebih sedikit pendapatan per klik dalam banyak kasus.

Karena itu, sepertinya para ahli di bidang Adsense benar: Dengan menggunakan 3 unit Adsense, dan menggunakan 3 jenis iklan berukuran besar, Anda dapat meningkatkan pendapatan secara optimal.

Jadi saya menambahkan semua iklan kembali ke situs saya, dan memutuskan untuk fokus menulis lebih banyak konten dan mendapatkan lebih banyak trafik.

Dan sekarang saya hanya fokus membangun konten, menyediakan artikel yang bermanfaat, dan membangun trafik.

Mengapa Lebih Banyak Iklan Masih Sama Dengan Lebih Banyak Pendapatan?

Semakin banyak iklan yang muncul di halaman situs, semakin besar kemungkinan seseorang akan melihat sesuatu yang mereka minati. Oleh karena itu, bukan rahasia lagi bahwa ada korelasi kuat antara jumlah iklan dan jumlah klik.

Saya kira para pakar Adsense menyadari semua ini, dan mereka tahu dari pengalaman, lebih banyak iklan akan membantu Anda memaksimalkan penghasilan Adsense.

Tentu saja, setiap orang harus bereksperimen sendiri dengan unit ukuran, warna, dan jumlah iklan yang berbeda pada situs mereka sendiri.

Beberapa orang mungkin tidak menerima pandangan saya. Tapi pastinya, saya akan mempertahankan 3 slot iklan di situs saya sampai ada perubahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *