√15+ Arti Komunis dan Komunisme [Contoh & Negara]

arti komunis komunisme

Sebelum memahami arti komunis, ada dua istilah yang perlu kita fahami, yaitu komunis dan komunisme. Dua istilah ini berbeda satu sama lain. Komunisme mengarah pada idiologi atau ajarannya, sedang komunis mengarah pada pelaku atau sifatnya.

Nah untuk mengetahui arti komunis dengan mudah, tentunya perlu juga menelusuri makna komunisme. Sehingga akan menjadi terang bagaimana perbedaan keduanya.

Read More

Arti Komunis

Beberapa makna komunis dirangkum dalam beberapa keterangan berikut:

  1. Umum, biasa, biasa, universal
  2. Dari atau untuk komunitas, publik
  3. Mewakili sentimen umum
  4. Akrab, mudah diakses

Arti kata lebih dalam:

Akar kata komunis berasal dari bahasa Latin “communis”, yang berarti “sama” atau “bersama”. Makna-makna ini tentu berlaku untuk komunisme secara ideal, yang berarti bahwa setiap orang adalah sama, dan tidak ada yang memiliki lebih dari orang lain. Istilah ini pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris sebagai kata benda dan kata sifat pada tahun 1841.

Selain itu, luangkan juga waktu Anda untuk Mengenali Arti Pandemi, Epidemi, Aerosol, Droplets, Dll (40 Istilah Covid)

Arti Komunisme

Tahukah Anda apa itu komunisme? Secara sederhana, makna istilah ini dapat Anda fahami sesuai dengan keterangan beberapa definisi berikut:

Suatu sistem di mana barang-barang dimiliki bersama dan tersedia bagi semua orang sesuai kebutuhan.

Sebuah teori yang menganjurkan penghapusan kepemilikan pribadi.

Komunisme adalah doktrin politik yang merupakan bentuk ekstrim dari Sosialisme, siapa pun yang tergabung dalam partai politik tersebut disebut komunis . Beberapa negara menyebut diri mereka komunis, termasuk Cina, Kuba, dan Korea Utara — meskipun orang-orang di tiga negara tersebut banyak yang tidak setuju disebut komunis.

Komunisme adalah suatu sistem dimana semua milik umum dan rakyat bekerja dan diberikan sesuatu oleh pemerintah sesuai dengan kebutuhannya.

Contoh komunisme adalah sistem pemerintahan di Kuba di mana pemerintah mengendalikan segalanya dan membagikan manfaat seperti uang, perawatan kesehatan, dan makanan yang ditujukan kepada rakyat.

Arti Komunisme yang lain:

  • Sistem ekonomi teoretis yang dicirikan oleh kepemilikan kolektif atas properti dan oleh organisasi kerja untuk keuntungan bersama semua anggota.
  • Setiap teori atau sistem yang dicirikan oleh kepemilikan atau pembagian semua properti oleh komunitas secara keseluruhan.
  • Masyarakat sosialis internasional di mana kelas dan negara tidak ada lagi.
  • Setiap sistem sosial politik yang menerapkan filosofi politik komunis.
  • Sistem sosial ekonomi yang didasarkan pada ideologi partai-partai tertentu.
  • Ideologi partai politik yang menggunakan istilah Komunis yang biasanya berhaluan Marxis dan Leninis.
  • Kepercayaan dalam masyarakat tanpa berbeda sosial kelas di mana metode dari produksi yang dimiliki dan dikendalikan oleh semua anggota, dan semua orang bekerja sebanyak yang mereka bisa, dan menerima apa yang mereka butuhkan.
  • Sebuah sistem ekonomi berdasarkan pada kepemilikan publik, baik dalam kepemilikan properti, kontrol terhadap metode-metode produksi, serta keuntungan-keuntungan kerja yang diraih.
  • Sebuah teori politik yang percaya bahwa negara harus mengontrol metode produksi, menekankan agar tidak ada kelas sosial, dan semua orang harus diperlakukan sama.

Komunisme dan Dikapitalisasi

Komunisme juga bisa disebut dengan dikapitalisasi, yaitu …

  1. Sebuah doktrin yang didasarkan pada sosialisme Marxis revolusioner dan Marxisme-Leninisme yang merupakan ideologi resmi Uni Soviet.
  2. Sistem pemerintahan totaliter di mana satu partai otoriter mengendalikan alat-alat produksi milik negara.
  3. Tahap akhir masyarakat dalam teori Marxis di mana negara telah layu dan barang-barang ekonomi didistribusikan secara adil

Pertanyaan Terkait Komunisme

Ada beberapa pertanyaan yang kerap muncul terkait dengan komunisme. Diantaranya dapat Anda lihat di bawah.

Apa perbedaan antara komunisme dan sosialisme?

Orang-orang Inggris umumnya menggunakan kata komunisme untuk berbicara tentang ideologi politik dan ekonomi yang berasal dari teori Karl Marx, yang menganjurkan penggulingan proletariat terhadap struktur kapitalis dalam suatu masyarakat; kepemilikan dan pemerintahan masyarakat dan komunal atas alat-alat produksi; dan akhirnya pembentukan masyarakat tanpa kelas.

Ungkapan paling terkenal dari teori-teori Marx adalah Bolshevisme Uni Soviet abad ke-20, di mana negara, melalui satu partai otoriter, mengendalikan kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat dengan tujuan mewujudkan teori-teori Marx.

Sosialisme mengacu pada sistem organisasi sosial di mana kepemilikan pribadi dan distribusi pendapatan tunduk pada kontrol sosial.

Konsepsi kontrol tersebut mengalami perubahan secara signifikan dari waktu ke waktu. Di era modern, sosialisme “murni” jarang terlihat dan biasanya hanya sebentar di beberapa rezim Komunis.

Apa sebenarnya komunisme itu ?

Ketika pertama kali digunakan pada pertengahan abad ke-19, komunisme mengacu pada teori ekonomi dan politik yang menganjurkan penghapusan kepemilikan pribadi dan pembagian bersama semua sumber daya di antara sekelompok orang.

Penggunaan kata komunisme kerap terjadi secara bergantian dengan kata sosialisme.

Saat ini, kata komunisme biasanya mengacu pada ideologi politik dan ekonomi yang berasal dari teori Karl Marx, yang menganjurkan penggulingan proletariat terhadap struktur kapitalis dalam suatu masyarakat; kepemilikan dan pemerintahan masyarakat dan komunal atas alat-alat produksi; dan akhirnya pembentukan masyarakat tanpa kelas.

Negara apa yang komunis?

Negara-negara seperti Cina, Kuba, Vietnam, Laos, dan Korea Utara adalah negara-negara yang biasanya diidentifikasi sebagai komunis.

Demikian arti komunis dan komunisme. Kiranya artikel ini dapat membantu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.