Kelebihan dan Kekurangan Kamus Oxford

Siapa sih yang gak kenal kamus oxford? Kamus yang sudah populer di kalangan pelajar. Digunakan oleh banyak kalangan, tidak hanya dalam studi writing, tapi juga dalam belajar speaking.

Mengingat penggunaannya begitu masif. Anda mulai penasaran, mungkin karena ingin beralih ke kamus ini.

Jika demikian, ada hal-hal yang perlu Anda ketahui. Yaitu tentang sisi kelebihan dan keurangan kamus oxford itu sendiri. Sehingga dengan mengetahui aspek ini,  Anda menjadi pengguna yang piawai.

Kelebihan Kamus Oxford

Ada banyak kelebihan kamus ini yang patut Anda perhitungkan. Diantaranya saya ulas dalam uraian berikut:

1. Dirancang dengan penuh ketelitian

Kamus ini bukanlah kamus kemarin sore. Melainkan sudah dirancang sejak abad 18, yang kemudian dikembangkan dengan melibatkan pakar-pakar bahasa universitas Oxford hingga sekarang.

Dengan mengetahui seluk beluknya, tentu kita menjadi yakin bahwa kamus ini tergolong kredibel. Sehingga layak dijadikan rujukan.

2. Dilengkapi phonetic simbol

Phonetic symbol yaitu simbol-simbol suara. Berguna sekali untuk melafalkan kata sesuai dengan pelafalan para native speaker.

Nah, jika Anda pernah belajar pronunciation, tentu kamus ini tidak asing di tangan. Saya sendiri menjadikannya sebagai kamus saku yang kerap dibawa ke mana-mana.

Apalah gunanya kamus yang hanya bisa dipakai untuk mengetahui makna semata. Kita juga perlu tahu bagaimana melafalkan kosakata denan tepat. Dan semua itu bisa Anda dapatkan di kamus Oxford.

3. Versinya menyesuaikan perkembangan zaman

Dulu,,, di era delapan puluhan ke bawah, orang-orang membaca kamus yang terbuat dari kertas. Entah seberapa tebalnya, kamus tersebut kerap di bawa ke sekolah / kampus. Hingga kini, banyak juga kamus yang masih dalam versi tersebut. Padahal orang-orang sudah menggunakan gadget. Membuat segalanya menjadi simpel.

Orang membaca buku, koran, majalah, dan lain sebagainya melalui smart phone yang mereka genggam. Demikian juga dengan kamus yang tersedia sekarang, salah satunya adalah kamus oxford.

Anda bisa langsung ke situsnya, oxforddictionaries.com. Terdapat beberapa pilihan alih bahasa. Dari bahasa Indonesia ke Inggris, serta dari Inggris ke Indonesia juga Ada.

Tidak hanya itu, versi aplikasi juga Ada. Anda bisa mendownloadnya di playstore.

Kekurangan kamus Oxford

Dari sekian kelebihan-kelebihan yang ada, ternyata ada beberapa kekurangan kamus oxford yang perlu Anda ketahui

1. Kamus versi kertas masih berbahasa Inggris 

Semua keterangan arti dalam kamus saku Oxford hingga kini masih menggunakan bahasa Inggris. Sehingga tidak cocok untuk pemula.

Memang sih, dibuat oleh kalangan terpercaya, namun jika semuanya dijelaskan menggunakan bahasa Inggris, kalangan pemula yang baru belajar bahasa Inggris pasti mengalami kesulitan memahami maknanya.

2. Realita kamus yang tidak kokoh

Ada dua jenis kamus oxford versi kertas. Pertama, kamus saku, bentuknya kecil memanjang dan mudah dibawa kemana-mana. Kedua, kamus lengkap, bentuknya sangat tebal dan berat.

Kelemahan lain dari kamus ini, baik kamus saku maupun kamus lengkap, adalah kualitas kertas sampulnya yang mudah rusak. Disamping itu, lem perekatnya tidak begitu kuat. Sehingga agar tetap awet, perlu kehati-hatian dalam menggunakannya.

3. Belum ada Versi off-line

Hingga kini kamus oxford yang bisa digunakan melalui smartphone semuanya online. Tentu untuk membukanya, kita harus punya data internet dahulu.

Meski kita telah mendownloadnya di playstore, data internet harus tetap hidup, agar bisa kita gunakan dalam mencari makna kata yang diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *