Perbedaan Arti Ability dan Skill dalam Bahasa Inggris

Banyak sekali kosakata bahasa Inggris yang telah diserap ke dalam bahasa kita. Film, organisasi, skill, memori, dan lain sebagainya. Bahasa-bahasa seperti itu biasa dikeluarkan oleh orang-orang terdidik, umumnya di perguruan tinggi saat diskusi dan seminar.

Dari sekian banyak kata modern, terdapat kata yang perlu dibedakan, terutama tentang arti ability dan skill. Karena keduanya kerap sulit difahami oleh para pemula.

Perbedaan Arti Ability dan Skill

Perbedaan arti ability dan skill sangatlah tipis. Anda tidak dapat menyalahkan mayoritas publik yang menggunakan keduanya secara bergantian. Meski memiliki makna yang mirip, penting untuk dicatat bahwa menggunakan salah satunya dalam konteks tertentu kadang tidak sesuai.

Ability

Dalam kamus bahasa Inggris, arti ability adalah sebagai berikut:

 The fact of being able to do something (Fakta tentang kemampuan melakukan sesuatu) – Kamus macmillan

Ability biasanya didefinisikan sebagai kemampuan melakukan sesuatu. Singkatnya, adalah kemampuan praktis.

Ini berarti bahwa ketika seseorang dianggap memiliki kemampuan maka ia mampu melakukan atau memiliki sarana untuk melakukan sesuatu, baik secara mental ataupun fisik. Ability juga diartikan dengan keterampilan, bakat, dan tingkat keahlian seseorang.

Skill

Berbeda dari ability, skill biasa difahami dengan keahlian. Sebagaimana definisi yang tercantum dalam kamus berikut:

The ability to do something well. (Kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan baik) – Kamus oxford

Singkatnya, ability adalah kemampuan, sedang skill adalah keahlian. Semua orang bisa melakukan sesuatu. Saya bisa bernyanyi, meski tidak nyaman di telinga anda, sebab bernyanyi bukanlah keahlian saya.

Saya dan Anda sama-sama mampu mengetik (ability). Hanya saja, saya dapat dapat mengetik cepat dengan 10 jari (skill), yang mungkin tidak dapat dilakukan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *