Cara Cara Belajar Speaking (Kiat Mahir Bicara Bahasa Inggris)

  • Whatsapp
cara belajar speaking

APAKAH ANDA MERASA MALU, gugup, gagap dan gerogi KETIKA MENCOBA berbicara dalam bahasa Inggris? Apakah Anda tahu bagaimana cara belajar speaking ??

Apakah skill speaking anda buruk? Apakah orang lain tampak bingung ketika Anda berbicara bahasa Inggris?

Read More

Atau pakah Anda membuat banyak kesalahan tata bahasa ketika berbicara? Serta apakah Anda khawatir orang lain menilai kemampuan bahasa Inggris Anda?

Mungkin Anda marah karena telah belajar bahasa Inggris bertahun-tahun, tapi masih tidak bisa berbahasa Inggris sangat baik?

Apa yang salah? Apakah Anda membuang-buang waktu Anda? Apakah Anda pernah berbahasa Inggris dengan lancar dan jelas?

Ini semua bukan salah Anda! Kebanyakan kelas dan guru menggunakan metode lama, mengunakan teks buku yang membosankan dan tidak efektif.

Cobalah gunakan cara-cara yang saya sarankan. Semoga dapat membantu meng-upgrade kemampuan speaking Anda.

Cara Belajar Speaking

Jika merasa frustrasi karena tidak mengerti bagaimana berbahasa Inggris dengan mudah, atau bosan dengan metode lama, Ada baiknya Anda coba beberapa metode di bawah ini.

1. Pelajari bahasa Inggris dengan fun

Saat mengalami stress, anda akan merasa terbebani, akibatnya materi pelajaran sulit diserap.

Berbeda bila kondisi jiwa Anda rilex, tenang dan senang. Semua bahan terasa mudah diserap.

Cobalah sukai materi yang dipelajari terlebih dahulu. Bisanya orang yang senang melakukan sesuatu, ia akan merasa rileks meski berjam-jam mengerjakannya.

Jika kesulitan menyukai bahasa inggris, belajarlah dengan metode yang menyenangkan, sehingga Anda akan terus dan terus mencobanya.

Saya pribadi lebih suka belajar berbicara bahasa inggris dengan berdialog bersama teman-teman.

Anda bisa juga mencobanya.

Misalnya, melalui video call WA. CAra ini tergolong fun. Apalagi orang yang diajak bicara cukup bersahabat. Tak terasa, berjam-jam telah Anda habiskan hanya sekedar berbicara dengannya.

Baca juga: Cara belajar kosakata bahasa Inggris

2. Jangan terlalu memikirkan Aturan Grammar saat berbicara

Saat berbicara, Anda tidak punya waktu untuk memikirkan aturan grammar. Jika terus menerus memikirkan aturan tatabahasa, anda akan berbicara lebih lambat.

Biarkan speaking Anda mengalir secara alami. Jangan terlulu ideal jika ingin lancar, terlebih bila anda seorang pemula.

Melakukan kesalahan dalam belajar speaking adalah hal yang biasa.

Ada saatnya anda belajar grammar. Yaitu manakala anda sudah dapat berbicara secara spontan. Grammar bisa menjadi media untuk memperbaiki susunan kalimat yang anda lafalkan.

3. Belajar dengan Telinga Anda

Cobalah membiasakan diri dengan mendengarkan percakapan. Dengarlah suara-suara bahasa inggris melalui radio, televisi, internet, atau bahkan mendengarkan pembicaraan para native speakers secara langsung.

Dengan metode ini, anda akan merasa lebih familiar dengan kata-kata bahasa inggris yang biasa digunakan dalam speaking.

Disamping itu, sensitivitas kepekaan pendengaran anda terhadap bahasa inggris akan semaking meningkat. Tentu hal ini sangat diperlukan saat anda melakukan percakapan dengan orang lain.

Di segmen ini, saya pribadi lebih suka menonton movie. Terutama Film action.

Tapi ingat, menonton saja tidak akan membantu meningkatkan kemampuan speaking Anda. Meski efektif guna mempertajam sensitifitas telinga.

Anda harus lakukan sesuatu. Misalnya memahami plotnya, lalu ceritakan dalam bahasa Inggris. Atau anda buat pertanyaan mengenai sesi-sesi menarik, lalu Anda jawab sendiri.

Bisa juga dengan menggambarkan karakter / peran tokoh-tokoh yang ada di movie tesebut.

Namun, hemat saya, yang paling mengena, yaitu berdiskusi dengan teman tentang movie yang ditonton.

Cobalah baca penjelasan saya mengenai panduan belajar bahasa Inggris melalui Movie.

4. Belajar aktif dengan tanya jawab

Kebanyakan siswa disekolah mempelajari bahasa inggris dengan menghafal. Saat mereka mendapatkan tugas berpidato didepan kelas, mereka cenderung menghafalkan teks kalimat per kalimat.

Yup, saat tampil, mereka terdengar lancar, namun jika ada sesi pertanyaan, mereka pasti mengalami kesulitan bagaimana menjawab pertanyaan audiens dalam bahasa Inggris.

Metode tersebut adalah metode robot. Lancar karena hafal.

Tidak NATURAL.

Karena itu, dalam proses belajar speaking, cobalah lakukan percakapan dengan teman, lakukan tanya jawab agar skill natural speaking anda terbangun.

Biarkan proses ini bergulir apa adanya. Tetap konsisten dan jangan risaukan kesalahan-kesalahan Anda.

SEmakin banyak anda mencoba, maka akan semakin baik.

So,, lakukan cara belajar speaking di atas untuk mengasah kemampuan speaking Anda. Jangan lupa, baca juga saran-saran belajar di situs Fabelia.

Cara Belajar Speaking dengan Praktik

Belajar speaking kini tidak perlu waktu lama, itupun kalau tahu caranya.

Banyak orang menghabiskan waktu untuk belajar berbicara bahasa Inggris, namun tidak sedikit dari mereka yang kebingungan berbicara. Bahkan sampai menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk belajar.

Materi Vocab, Grammar, apalagi Pronun sudah setiap hari dilalap, namun mengapa speaking mereka masih gugup dan terbata-bata.

Semua materi tadi tidak menjamin anda lancar berbicara meski diimbangi dengan ketekunan belajar. Sebenarnya hal terpenting Yang harus dilakukan adalah bagaimana menerapkan metode belajar yang efektif.

Saya akui hal yang terbaik untuk memperoleh skill adalah dengan latihan secara terus menerus.

Ibaratnya seperti anda pertama kali belajar bersepeda, tentu berkali-kali jatuh, atau bahkan terluka, namun itu tak menjadi masalah, anda lakukan terus menerus, hingga mampu kebut-kebutan. Menurut saya, disitulah skill anda.

Nah bagaimana dengan belajar speaking, tentu tidak jauh berbeda. Awalnya cukup sulit, bicara terbata-bata, kelirunya pun super banyak, bahkan hingga anda sakit kepala. Namun bila dilakukan terus menerus, dengan sendirinya anda berbicara secara spontan dan lancar.

Ada dua tindakan yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan belajar speaking anda, yaitu melakasanakan dialog dan monolog.

Keduanya masuk dalam kategori output atau praktek. Untuk memperlancar speaking dalam waktu singkat, optimalkan praktek ini senatural mungkin.

Jangan lakukan penghafalan terhadapat kalimat atau paragraf, karena hal itu memperlambat pencapaian Natural Speaking anda.

A. Belajar Speaking dengan Monolog

Setiap kali berbicara, entahkah saat presentasi, diskusi, atau bahkan mengutarakan pendapat, semuanya tak lepas dari monolog (berbicara sendiri).

Dalam prosesnya, anda berupaya mengungkapkan pesan yang ada di benak kepala, dan terkadang juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memaparkan gagasan.

Pesan yang disampaikan dalam monolog terjadi satu arah, artinya pembicara mengutarakan gagasan, sedang timbal-balik pendengar tidak diperlukan.

Lakukan hal-hal berikut sesering mungkin guna mempercepat speaking anda:

1. Mengulang cerita

Dalam proses belajar speaking melalui cerita, terlebih dahulu Anda baca isi ceritanya, fahami alurnya, kemudian ceritakan kembali plot-nya dengan gaya bahasa sendiri.

2. Merangkai cerita

Caranya sangat mudah, tulislah 10 hingga 20 vocab yang anda tahu, lalu rangkailah sebuah cerita dari vocab tersebut.

3. Beropini

Kaji dan telaah informasi yang didapat, kemudian ungkapkan pendapat anda mengenai informasi tersebut. Akan sangat membantu sekali bila anda menetapkan durasi waktu lamanya beropini.

4. Advice & Motivation

Latihlah diri anda untuk memberikan nasihat dan motifasi. Lakukanlah sesering mungkin meski tidak di hadapan orang lain.

5. Presentasi

Pelajari dan fahami materi yang akan anda sampaikan. Bila perlu, catat informasi penting yang diperlukan. Selanjutnya jabarkan informasi tersebut di depan halayak umum.

6. Speech

Latihlah diri anda berpidato di depan umum. Sebab hal ini dapat memperkukuh mental. Tapi ingat, jangan menghafal teks pidato yang akan disampaikan, karena hal itu dapat memperlambat pencapaian Natural Speaking anda.

B. Belajar Speaking dengan Dialog

Dialog menghadirkan dua peran sekaligus yaitu pembicara dan pendengar.

Cara belajar speaking ini lebih menguntungkan. Sebab anda bisa mendapat tambahan ide dari lawan bicara anda.

Berikut adalah metode dialog yang dapat anda lakukan:

 1. Conversation

Bercakap-cakap dapat menghadirkan perbincangan seputar tema-tema ringan dan mudah di utarakan. Biasanya perbedaan topik terjadi ditengah percakapan. Awalnya anda berbicara tentang hobi, akan tetapi secara tidak sadar diakhir perbincangan anda malah membicarakan pendidikan.

2. Interview

Wawancara merupakan proses komunikasi yang menggunakan question dan answer.

Metode belajar speaking ini sangat cocok untuk merangsang otak anda berfikir.

Dalam prosesnya, Pembicara mengungkapkan gagasannya. Pendengar menelaah pesan yang ia terima, lebih-lebih pesan tersebut di telaah dan dibandingkan dengan pengetahuan dan pendapat yang ia miliki.

Hal ini dapat menjadikan komunikasi lebih dinamis dan berbobot.

3. Diskusi

Diskusi merupakan proses pertukaran informasi guna menyelesaikan problem yang dihadapi oleh pembicara dan pendengar.

Agar menarik, tentukanlah tema yang paling disukai dan dikuasai oleh keduanya. Diskusi dapat berjalan dengan baik bila orang-orang yang terlibat mau saling menerima pendapat.

4. Debat

Berbeda dari diskusi, berdebat merupakan proses mempertahankan pendapat, yang tentunya bersebrangan dengan lawan bicara. Lakukan debat seefektif mungkin dengan mengontrol emosi agar Speaking anda tidak tergesa-gesa dan menggebu-gebu.

Saran Tambahan

Sudah berapa lama anda belajar bahasa Inggris? Seberapa banyak biaya yang anda keluarkan untuk pandai dalam speaking? Dan sejauh mana kemampuan anda sekarang?

Jika lemah, maka ada yang tidak beres dengan cara belajar speaking Anda.

Berdasarkan dari pengalaman dan penerapan sistem pembelajaran bahasa Inggris, untuk meraih kemampuan speaking dalam waktu singkat, terapkan saran tambahan berikut:

1. Jangan terlalu banyak mempelajari grammar

Aturan ini mungkin terdengar aneh, tapi perlu diakui, ini adalah salah satu aturan yang paling penting.

Jika Anda ingin fasih berbahasa Inggris, maka harus mencoba untuk belajar secara intens tanpa mendalami tata bahasa.

Mempelajari tatabahasa hanya akan memperlambat dan membingungkan Anda. Anda akan berpikir tentang aturan saat membuat kalimat, dan akhirnya justru akan berbicara secara tidak alami.

Ketahuilah bahwa hanya sebagian kecil dari penutur asli bahasa Inggris tahu aturan tata bahasa. 

Saya sering bertanya seputar tata bahasa kepada teman-teman, dan hanya beberapa dari mereka tahu jawaban yang benar. Namun, mereka fasih berbahasa Inggris dan dapat membaca, berbicara, mendengarkan, dan berkomunikasi secara efektif.

2. Pelajari frase

Tips belajar Speaking ini cukup signifikan. Banyak siswa belajar kosakata dan mencoba untuk membentuk kalimat yang tepat dengan semua kosakata yang mereka kuasai. Namun, tidak sedikit dari mereka membuat kalimat yang kurang tepat, disebabkan karena tidak mempelajari frase.

Jika Anda tahu 1000 kata, Anda mungkin tidak bisa mengatakan satu kalimat yang benar. Tapi jika Anda tahu 1 frase, kemungkinan anda dapat membuat ratusan kalimat yang benar. Jika tahu 100 frase, Anda akan terkejut melihat betapa banyak kalimat yang anda katakan dengan benar. Akhirnya, ketika Anda tahu 1000 frase, Anda akan hampir pembicara bahasa Inggris dengan fasih.

Keuntungan lain dari belajar frase adalah mengetahui secara pasti arti kosakata yang dipelajari. Sebab kadang suatu kosakata memiliki arti khusus bila digandengkan dengan kosakata lain dalam kalimat.

Jangan menterjemahkan

Bila Anda ingin menyusun kalimat bahasa Inggris, janganlah menterjemahkan kata-kata berdasarkan Bahasa ibu Anda. 

Urutan kata dari masing-masing bahasa mungkin berbeda. Misalnya dalam bahasa Indonesia kita mengatakan “toko buku”, jika Anda fokus pada terjemah, dimana dalam bahasa Inggris kata toko diartikan “store” dan buku diartikan “book”, mungkin Anda akan mengatakan “store book”, padahal susunan yang tepat adalah “book store”

Demikian juga, dalam bahasa Inggris, terdapat kata-kata khusus yang artinya harus disesuaikan dengan konteks tertentu.

Contoh sederhana, dalam situasi tertentu, seorang penutur asli mengatakan “piece of cake”, jika kita belajar dengan sistem terjemah, mungkin kita mengartikannya dengan “sepotong kue”, padahal arti yang sebenarnya adalah “mudah/gampang”.

3. Membaca dan Mendengar TIDAKlah cukup

Membaca, mendengar, dan berbicara adalah aspek yang paling penting dalam bahasa apapun. Namum itu saja tidak cukup, berbicaralah dari apa yang anda baca dan anda dengar.

Sebab berbicara adalah satu-satunya persyaratan untuk menjadi fasih.

Hal yang biasa bagi bayi dan anak-anak untuk pertamakali belajar adalah berbicara hingga lancar, lalu mulai membaca, kemudian menulis. Hal ini menjadi tatanan alam bagaimana proses manusia belajar bahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, kemudian menulis.

Kasus di sekolah

Masalah pertama

Di sekolah-sekolah konvensional, kita seringkali jumpai murid-murid diajarkan membaca terlebih dahulu, lalu menulis, kemudian mendengarkan, dan akhirnya berbicara? 

Meskipun berbeda, alasan utama adalah karena ketika belajar bahasa kedua, mereka perlu membaca materi dan memahaminya. Hal inilah yang menyebabkan mengapa mereka lambat menguasai bahasa inggris.

Masalah kedua

Di sekolah seringkali siswa terhenti pada aspek membaca dan menulis.

Target mereka umumnya adalah untuk menyelesaikan atau menjawab soal-soal dengan benar. Padahal untuk meraih kecakapan berbicara, diperlukan latihan berbicara.

Jangan berhenti di bagian membaca dan menulis saja, upayakan praktek berbicara dan mendengar semaksimal mungkin.

4. Curahkan diri Anda

Kemampuan berbicara tidak terkait dengan seberapa pintar Anda. 

Siapapun dapat belajar bagaimana berbicara dalam bahasa apapun. 

Semua orang dapat berbicara setidaknya satu bahasa. 

Apakah Anda cerdas, atau kekuatan otak anda lemah, Anda dapat berbicara satu bahasa.

Anda akan melihat bahwa orang-orang yang berbahasa Inggris dengan baik adalah orang-orang yang belajar di sekolah berbahasa Inggris. 

Mereka dapat berbicara bahasa ini bukan karena mereka pergi ke sekolah berbahasa Inggris, tetapi karena mereka memiliki lingkungan di mana mereka dapat berbahasa Inggris terus-menerus.

Anda tidak perlu pergi ke mana-mana untuk menjadi pembicara bahasa Inggris yang fasih. 

Cukup dengan menciptakan lingkungan bahasa Inggris yang kondusif, salah satunya adalah  dengan  membuat aturan bersama teman-teman Anda untuk hanya berbicara bahasa Inggris. 

Demikian juga dapat dilakukan dengan mendengarkan iPod, menonton movie, membaca majalah yang  kesemuanya berbahasa Inggris. Menenggelamkan diri dalam bahasa Inggris secara keseluruhan dapat mempercepat penguasaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *