Teknik Menghafal Kata, Frase, dan Kalimat

Teknik menghafal kata, frase, dan kalimat – Berikut ini adalah yang mungkin sobat cara yang mungkin bisa sobat lakukan terkait teknik menghafal kata, frasse, dan kalimat.

Studi kasus, pernahkah anda merawsa memahami suatu pelajaran di kelas tapi sayangnya saat anda diminta untuk menerangkannya anda tidak bisa menerangkannya? Jika pernah terjadi itu berarti ilmu tersebut belum milik Anda.

Read More

It doesn’t matter how slowly you go as long as you do not stop. – Confucius

Lalu bagaimana caranya agar ilmu itu menjadi milik kita? Memahami dan menghafalkannya adalah cara yang paling efektif agar kita bisa menerangkan suatu perkara dengan baik.

Berikut Teknik Menghafal Kata, Frase, dan Kalimat

Jika anda tidak menyukai metode menghafal namun ada memiliki keinginan untuk mencobanya bisa lihat cara menghafal disini. dan kali ini kami akan berbagi tentang teknik menghafal kata, frase, dan kalimat.

1.Pengulangan

Mengulang ulang dalam mengingat kata, frase atau sentens adalah kunci untuk menghafaklkannya. Jika anda adalah orang yang sering lupa ketika menaruh sesuatu anda juga bisa melakukan teknik ini.

Caranya adalah saat anda meletakan sesuatu maka anda juga mengatakannya. Ketika anda meletakan kunci di atas kulkas anda juga harus  sambil mengatakan ”aku meletakan kunci di atas kulkas”.

Teknik repeat sangat membantu otak kita  dalam menghafal. Gunakan pengulangan sampai anda bisa mengingatnya tanpa harus melihat buku.

2. Membuat cerita

Bautlah cerita dengan kata, frase atau sentens yang anda sedang hafalkan. Buatlah cerita semenarik mungkin tapi tetap tidak sulit dan membuat Anda malah bertambah berpikir keras.

Cerita anda tidak harus masuk akal namun cukup mampu membuat kata-kata yang sedang anda coba hafalkan berkesan dalam ingatan Anda.

3. Menyingkat

Membuat singkatan atas kosakata yang sedang dihafalkan. Misalkan anda sedang menghafalkn kata Noun, Adverb, Verb, dan Adjective, maka Anda singkat menjadi NAVA.

Hal in cukup membantu untuk membut gambaran kerangka kosakata yang sedang anda coba hafalkan.

4. Merekam

Cobalah untuk merakam suara anda di smart phone yang anda  miliki, lalu anda dengarkan sambil berkonsentrasi dengan mengulang ulngnya sesering mungkin.

5. Menulis

Salah satu cara untuk mengikat ilmu dalam ingatan adalah dengan menuliskanya. Tulislah apa yang sedang anda hafalkan sebanyak banyaknya sampai melekat dalam ingatan.

6. Membaca

Bacalah bahan hafalan anda dengan perlahan dan konsentrasi penuh kemudian teslah hafalan ada setelah selsai membacanya. dan ulangi lagi saat anda lupa. buka buku anda saat lupa kemudian tutup buku anda lagi untuk merecall ingatan anda. lihat teknik membaca disini.

Note: Jangan lupa berdoa sebelum menghafal karana itu dalah yang terpenting lalu temukanlah tempat terbuka dan tenang saat menghafal, dan cobalah menghafal di jam jam saat anda meresa mudah untuk menghafal.

Related posts