9 Cara Menghafal Vocab dengan Efektif dan Menyenangkan

Cara menghafal Vocab ∴ Seberapa baik tata bahasa Anda terlihat tidak penting jika tidak tahu kata-kata yang dapat digunakan, Anda tidak mengalami perkembangan yang signifikan tanpanya. Menguasai banyak kosakata membuat belajar lebih menyenangkan dan memuaskan.

Namun, menambah penguasaan kata-kata tidak semudah membalikan tangan. Anda harus berusaha. Setiap orang harus menemukan caranya sendiri, agar sukses menguasainya.

Dan yang tak kalah penting adalah bersabar. Proses belajar memerlukan pengorbanan waktu dan pikiran. Sekali dua kali menyerah, kosakata Anda akan stagnan. Tetap fokus pada pembelajaran. Tetapkan sasaran yang realistis. Serta hargai diri sendiri.

Cara Menghafal Vocab

Cobalah semua cara menghafal vocab di bawah. Amati cara yang paling cocok untuk Anda. Jika nanti menemukan mana yang nyaman bagi Anda, gunakan cara tersebut.

1. Menggunakan Teknik Memori

Cara populer untuk menghafal kosakata adalah penggunaan mnemonic. Cara ini dapat membantu Anda mengingat konsep atau kata-kata yang lebih kompleks.

2. Menciptakan lingkungan belajar

Ketika Anda belajar di negara berbahasa Inggris, Anda akan mendengar dan membaca segala hal yang berbahasa Inggris.

Anda dapat menciptakan lingkungan sendiri yang ramah untuk belajar, di mana pun Anda berada: Beli majalah atau buku dalam bahasa Inggris, demikian pula saat menonton film dan mendengarkan music.

Semuanya perlu dalam bahasa Inggris agar terbiasa.

3. Menguasai kata sesuai konteks

Ide yang baik untuk mempelajari kata lebih cepat adalah dengan menempatkannya dalam konteks.

Daripada menulis daftar kata-kata secara acak, cobalah untuk memasukkannya ke dalam kalimat. Dengan begitu, Anda tahu bagaimana kata itu digunakan dalam kehidupan nyata.

Plus, jika Anda menghasilkan kalimat lucu, akan lebih mudah dihafal. Anda juga dapat membuat gambar yang dapat melengkapi kalimat.

4. Belajar dari situasi kehidupan nyata

Berbicara tentang konteks melaui Film, acara TV, buku, podcast atau lagu, semuanya dapat menjadi sumber yang bagus untuk mempelajari kosakata yang paling umum. Film berbahasa Inggris juga dapat membantu Anda menghafal kosakata yang dikaitkan dengan adegan.

Cobalah membaca buku atau menonton film berbahasa Inggris (dengan terjemahan). Cari tahu arti kata-kata tersebut.

Jika Anda melihat atau mendengar frasa atau kalimat yang tidak Anda pahami, catatlah, cek maknanya di kamus, lalu hafalkan..

5. Memperhatikan level

Belajarlah dengan menyesuaikan kemampuan penguasaan bahasa Inggris Anda. Jika pemula, mulailah mempelajari kosakata yang mudah terlebih dahulu. Hindari vocab yang sulit. Apalagi vocab untuk TOEFL.

Manakala Anda merasa mudah mempelajarinya, Tingkatkan levelnya dengan mempelajari kosakata yang lebih sulit.

6. Menemukan media dan waktu yang sesuai 

Semua orang belajar dengan cara berbeda. Jadi jika Anda belum tahu apa yang paling cocok untuk Anda, cobalah berbagai metode – atau kombinasinya. Coba belajar dengan menggunakan Flashcards, aplikasi, daftar, permainan, atau cara-cara lain.

Temukan waktu yang tepat untuk menghafal. Ada orang yang mudah menghafal di pagi hari, sore, atau malam. Masing-masing orang dalam hal ini bisa berbeda.

7. Belajar secara interaktif

Lakukan cara-cara yang bervariatif. Libatkan tubuh dan panca indra Anda. Jika misalnya sedang menghafal kata “Jump”, maka upayakan Anda juga turut lompat.

Cara tersebut dapat membantu Anda mengingat kosakata dengan baik.

8. Fokus pada kosakata yang bermanfaat

Fokuslah pada kata-kata yang bermanfaat bagi Anda. Atau kosakata yang umum digunakan. Jika mempelajari kosakata sehari-hari, kemungkinan besar vocab tersebut akan selalu dipakai. Sehingga dapat melekat di benak Anda.

Namun jika Anda menyibukkan diri menghafal kosakata yang tidak biasa digunakan sehari-hari. Kemungkinan besar akan melupakannya, karena tidak dipakai dalam komunikasi Anda.

9. Melakukan pengulangan

Ingat, Tugas anda tidak hanya menambah kosakata. Mengulangi kosakata yang telah dihafal juga harus Anda lakukan. Agar selalu diingat dan melekat di kepala. Sehingga usaha Anda dalam menghafal vocab selama ini tidak sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *